FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI RSUD DR. HASRI AINUN HABIBIE PROVINSI GORONTALO

Authors

  • Arifin Umar Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Firmawati Firmawati Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Cicin S. Kodu Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Rimawati Polontalo Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57214/jka.v5i1.186

Keywords:

mutu pelayanan, pandemi covid 19, perawat, pelayanan kesehatan.

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan ialah derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai standar pelayanan yang telah berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan.  Desain penelitian yaitu deskriptif dengan rancangan cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  tidak ada hubungan antara Tangible dengan mutu  pelayanan, ada hubungan antara Reability dengan mutu pelayanan, ada hubungan antara responsiveness dengan mutu pelayanan, tidak ada hubungan antara Emphaty  dengan mutu pelayanan, ada hubungan antara Assurance dengan mutu pelayanan. Sehingga bisa di simpulkan adanya pengaruh antara Reability, Responsiveness, Asurance dengan mutu pelayanan kesehatan selama masa pandemi covid 19.

References

Chaplin, J.P. 2014. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers

Rohmah, A., Wakhid, A., & Trimawati. 2018. Penerimaan Diri Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis. Jurnal Ilmiah permas, 8(2), 131-134, p-ISSN2089-0834 e-ISSN2549-8134.

King, Laura A. 2014. Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Edisi 3,. Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Friedman. 2013. Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Maryam, Siti dkk. 2010. Asuhan Keperawatan Pada Lansia.Jakarta : Trans Info. Medika

Setiadi. 2008. Konsep & keperawatan keluarga. Yogyakarta : Graha ilmu.

Xu, G., Yang, Y., Du, Y., Peng, F., Hu, P., Wang, R., Yin, M., & Li, T. (2020). Clinical Pathway for Early Diagnosis of COVID-19 : Updates from Experience to Evidence-Based Practice. 1.

Pasaribu, Yengsi Mei Karmita. 2020. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Penerimaan Diri Pasien Yang Menjalani Terapi Hemodialisis Di RSUP H. Adam Malik Medan. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU). http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29218

Downloads

Published

2021-05-22

How to Cite

Arifin Umar, Firmawati Firmawati, Cicin S. Kodu, & Rimawati Polontalo. (2021). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI RSUD DR. HASRI AINUN HABIBIE PROVINSI GORONTALO. Jurnal Kesehatan Amanah, 5(1), 35–48. https://doi.org/10.57214/jka.v5i1.186