HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEMANDIRIAN DENGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA REMAJA DI SMK NEGERI 2 KOTA TERNATE
Keywords:
Kemandirian, Remaja, Pemecahan MasalahAbstract
Masa remaja adalah masa peralihan dimana perubahan secara fisik dan psikologis dari masa kanak-kanak ke masa dewasa.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Antara Tingkat Kemandirian Dengan Pemecahan Masalah Pada Remaja Di SMK Negeri 2 Kota Ternate. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif yang bersifat Cross sectional. Sampel diambil berdasarkan jumlah responden sebanyak 90 orang dengan menggunakan Accedentaly Sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 16.0 untuk di analisa dengan uji statistik Chi-Square dibaca Fisher’s Exact Test didapatkan hasil bahwa nilai p velue tersebit lebih kecil dari nilai signifikan (0,044 <0.05. Hasil penelitian menunjukan bahwa didapatkan jenis kelamin terbanyak dalam penelitian ini adalah laki-laki 85 responden (94,4%).
Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan antara tingkat kemandirian dengan keterampilan pemecahan masalah pada remaja dengan nilai p=0,044. Nilai p ini lebih kecil dari nilai α = 0,05.
References
Aprilyanti. R, (2012). Program bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kemandirian-kemandirian remaj
Andriani. T, (2013). Program bimbingan dan konseling pribadi sosial untuk meningkatkan kemandirian prilaku siswa
Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian , Suatu Pendekatan Praktik , Rineka
Cipta.
Ali. (2009). Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Pada Remaja (http//www.e -psikologi.com/kemandirian sebagai kebutuhan psikologis pada remaja /250602)
Djamara. S. B, (2010). Problem-Solving, (http://musriadi.ohlog.com/makalah-problem-solving.oh38521.html).
Erfiana L.R, (2009). Hubungan antara kebermaknaan dengan kemandirian pada remaja
Hurlock, (2011). Psikologi Praktis, Anak Remaja Dan Keluarga, Pt Gunung Mulia
Havighurst, (2009). Pengaruh Penilaian Berbasis Portofolit Terhadap Hasil Belajar Metematika dengan Mempertimbangkan Kemandirian belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Mappiare, (2009). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, Bumi Aksara, Jakarta.
Martiyastuti. L., (2009). Hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dan kemandirian dengan kemampuan menyelesaikan masalah pada remaja.
Monks, (2009). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja , Pt Bpk Gunung Mulia, Jakarta,
Mayer, (2009). Penyusunan Skala Psikologi, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Patmawati. Y.A, (2009). Pengaruh kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan persepsi siswa tentang guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar akutansi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simo tahun ajaran 2008/2009.