Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Robert Wolter Mongisidi Manado
DOI:
https://doi.org/10.57214/jka.v4i2.192Keywords:
Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan Pasien.Abstract
Latar belakang : proses komunikasi terapeutik meliputi kemampuan dan komitmen yang tulus pada pihak perawat untuk membantu pasien mencapai kesembuhan. Salah satu unsur penilaian pasien terhadap pelayanan yang diberikan adalah komunikasi, karena komunikasi mempunyai peran yang besar dalam kepuasan pasien. Tujuan Komunikasi yang dilakukan secara terapeutik akan banyak menghindari resiko yang tidak perlu terjadi dan akan membuat pasien merasa lebih nyaman dan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh perawat.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Analitik yang bersifat Cross Sectional. Cara penarikan sampel dengan menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji chi-square dengan tingkat signifikan ( = 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara
komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien dengan hasil uji Continuity Correction diperoleh nilai p = 0,002 < nilai = 0,05. maka artinya H0 ditolak dan Ha diterima atau ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien.
Kesimpulan dalam penelititan ini terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien rawat jalan.Berdasarkan hasil penelitian, maka perawat perlu mempertahankan sikap keterampilannya dalam berkomunikasi dengan pasien. Hal ini dikarenakan komunikasi berhubungan erat dengan tingkat kepuasan pasien.
References
Aswad, S., Mulyadi., Lolong, J. (2015). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di instalasi gawat darurat RSUD DR.H Chasan Boesoirie Ternate, Vol 3, no 2. Diakses dari https://ejournal.unsrat.ac.id (Minggu 20- Mei 2019 : 10:13 WITA)
Bayangkara, Nyoto. (2013). Hubungan antara Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien Dinas POLRI. Media Kesehatan. Diakses dari In http://nyoto- bhayangkara.blogs pot.com/2012/09/hubungananta ra komunikasi terapeutik_1.html.(Senin 21 - Mei - 2019 : 20:18 WITA)
Damaiyanti, Mukhrifah. (2010). Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. Jakarta: EGC.
Darmawan I. 2014 Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Klien Dalam Mendapatkan Pelayanan Keperawatan di IGD RSUD Dr. Soedarso Pontianak. Jurnal Volume. 5. No. 1. 1 Juli 2014.
Hidayat, A. Aziz Alimul.2009.Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data.Jakarta: Salemba Medika.
Kuntoro, Agus. (2010). Buku Ajar Manajemen Keperawatan.Yogyakarta: Nuha Medika.
Mahmud Machfoedz. (2009). Komunikasi Keperawatan (Komunikasi Terapeutik). Yogyakarta: Ganbika.
Nasir, Abdul. (2009). Komunikasi Dalam Keperawatan.Jakarta: Salemba Medika
Nilaika, N. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap di RSUD Sukoharjo. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta. Jurnal ilmiah. Universitas Sebelas Maret. Volume. 5. No. 1. 1 Juli 2012. Diakses dari http://digilib.uns.ac.id (Minggu 20-Agustus-2019 WITA)
Nursalam. (2008). Metodologi Riset Keperawatan.Jakarta: VV. Sagung Seto
Nurhasanah, Nunung.2009.Ilmu Komunikasi dalam Konteks Keperawatan untuk Mahasiswa Keperawatan.Jakarta: TIM.
Notoatmojo, S.2012.Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Suryani. (2015). Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik, Ed 2, ECG, Jakarta.
Sugiyono.2012.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: ALFABETA.
Sajidin, Muhammad.2009.Aplikasi Komunikasi Dalam Keperawatan.Jakarta: Salemba Medika
Wulan, Kencana & M. Hastuti.2011.Pengantar Etika Keperawatan Panduan Lengkap Menjadi Perawat Profesional Berwawasan Etis.Jakarta: Prestasi Pustakakarya.