HUBUNGAN RESPON TIME PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PENANGANAN PASIEN KATEGORI TRIASE KUNING DI UGD RS. TK. III R. W. MONGISIDI

Authors

  • Zainar Kasim Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Manado, Indonesia

Keywords:

Respon Time, Kepuasan, Triase Kuning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena adanya pasien atau keluarga pasien gawat darurat pada triase kuning yang menyatakan lama mendapatkan penanganan dan dibiarkan menunggu sehingga menyebabkan ketidakpuasan terhadap pelayanan yang didapatkan.

Tujuan penelitian ini mengetahui Hubungan Respon Time Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Penanganan Pasien Kategori Triase Kuning Di UGD RS.TK. III R. W. Mongisidi Manado.Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei analitik yang bersifat cross sectional. Sampel diambil berdasarkan jumlah responden sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penggumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan kuesioner. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 21 untuk dianalisa dengan uji statistik Fisher Exact dengan tingkat kemaknaan (α) 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan respon time perawat yang tidak tepat > 5 menit sebanyak 18 orang (60,0 %) dan tingkat kepuasan penanganan pasien kurang baik / kurang puas sebanyak 20 Orang (60,7 %).

Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara respon time perawat dengan tingkat kepuasan penanganan pasien hal ini ditunjukkan dengan nilai p = 0,000. Nilai p ini lebih kecil dari nilai α = 0,05.

 

References

Achadiat, Chrisdiono M. (2006). Dinamika Etika dan Hukum Kedokteran Dalam Tantangan Zamam.Jakarta : EGC.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT.Rhineka Cipta.

American College of Emergency Physician. (2008). Emergency Departement Crowding : Hight Impact Solutions. Diakses dari website http://ebook.browse.com//emergency-departement-crowding-hight-impact-solutions-acep-task-force-on-boarding-april-2008-pdf-d319291546. Pada tanggal 3 Mei 2016 jam : 19.10.

Anggraini.(2011). Kepuasan Pelanggan.Diakses dari website http://repository.unand.ac.id./18028/. Pada tanggal 14 Mei 2016 jam : 20.45.

Canadian Assocation Emergency Physician. (2012). Overcrowding. Diakses dari website http://www.caep.ca/advocacy/overcrowding. Pada tanggal 3 Mei 2016 jam : 21.02.

Departemen Kesehatan RI. (2006). Sistem Penanggulangan gawat darurat (SPGD).Jakarta : Depkses RI.

Erfandi. 2008. Sejarah Konsep Dan Kategorisasi Triase. Diakses dari website http://forbetterhealt.com/2008/12/22/sejarah-konsep-dan-kategorisasi-triase. Pada tanggal 14 Mei 2016 jam : 21.00.

Haryatun, N & Sudaryanto, A. (2008).Perbedaan Waktu Tanggap Tindakan Keperawatan Pasien Cedera Kepala Kategori 1-V di Instalansi Gawat Darurat RSUD.DR.Moewardi.Diakses dari website http://eprintsUMS.ac.id/1042/1/2008v/nz.a4.pqt. Pada tanggal 15 Mei 2016 jam : 19.00.

Iman. 2009. Triase.Diakses dari website http://www.dokter medis.com. Pada tanggal 14 Mei 2016 jam : 21.50.

Kepmenkes RI No. 856 (2009).Standar IGD Rumah Sakit.Jakarta : Menteri Kesehatan RI.

Ludwig, G. (2004). EMS Respon Time Standars.Diakses dari website http://www.emsworld.com/article/10324786/ems-response-time-standars. Pada tanggal 22 April 2016 jam : 14.02.

Musliha, S.Kep, Ns. (2010). Keperawatan Gawat Darurat. Yogyakarta : Nuha Medika.

Muninjaya A.A Gde, MPH, dr. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC

Notoadmodjo, Soekidjo. (2010). Metode Penelitian Kesehatan.Jakarta : PT. Rhineka Cipta.

Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.

Setiady. 2013. Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Edisi ke-2. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Siboro,T. (2014). Hubungan Pelayanan Perawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Diruang Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Advent Bandung (Skripsi,Universitas Advent Indonesia Bandung). Diakses dari website http://www.kti.unai.edu. Pada tanggal 11 Mei 2016 jam : 17.11.

Soedjas, T.MM,SE, SP.A.dr. (2014). Layanan Waw Untuk Pelanggan.Yogyakarta : Media Pressindo.

Syofyanti, R.A.(2014). Hubungan Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalansi Gawat Darurat RSSN Bukit Tinggi (skripsi, UMSB Bukit Tinggi Indonesia).Diakses dari website http://jurnal.umsb.ac.id/up-content/uploads/2014/09/Jurnal-Richa-pdf. Pada tanggal 22 April jam : 12.53.

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Zainar Kasim. (2022). HUBUNGAN RESPON TIME PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PENANGANAN PASIEN KATEGORI TRIASE KUNING DI UGD RS. TK. III R. W. MONGISIDI . Jurnal Kesehatan Amanah, 1(2), 37–41. Retrieved from https://ejournal.unimman.ac.id/index.php/jka/article/view/31

Most read articles by the same author(s)