HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI PADA REMAJA DI SMP NEGERI 6 MANADO

Authors

  • Minar Hutahuruk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Manado, Indonesia

Keywords:

Penggunaan Gadget, Kemampuan Bersosialisasi

Abstract

Sosialisasi merupakan proses dimana individu dapat beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dan menjadi masyarakat yang berguna di lingkungan sosialnya. Sosialisasi berpengaruh pada pembentukan kepribadian. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kemampuan Bersosialisasi Pada Remaja Di SMP Negeri 6 Manado.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodepenelitian deskriptif analitik yang bersifat cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 orang dengan menggunakan quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan bantuan komputer dengan uji statistik chisquare dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa didapatkan jenis kelamin terbanyak dalam penelitian ini adalah laki-laki 36 responden (52,9%).

Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan kemampuan bersosialisasip=0,003. Dimana nilai p ini lebih kecil dari nilai α = 0,05.

 

References

Ali, M & Asrori, M. (2006). Psikologi Remaja, Perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anugrahlestari. (2011). Gadget mengubah pola interaksi sosial. Diakses dari http://www.tumblr.com/tagged/interaksi-sosial pada tanggal 10 Mei 2017

Arisandy. D (2009). JurnalIlmiah: Hubungan antaraKontrol Diri dengan Kecanduan game online pada mahasiswa universitas bina Dharma. Palembang: Universitas Bhina Darma.

Arthur . R. S (2010). Kamus Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Bian. M. & Leung L. (2014). Linking Loneliness, Shyness, Smartphone Addiction and Patterns of Smartphone use to Capital. Journal: Social Science Computer Review ,1-19.

Buente. W dan Alice. R (2008). “Trends in Internet Information behavior. 2000 2004”. Journal of the American Society for Information Science, diakses tanggal 9 juni 2008. Tersedia pada http://eprints.rclis.org/12679/I/Robbin Trends-2008Jun2-EntirePaper.pdf

Bungin, (2009). Sosiologi komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media

Desmita, R. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ellison & Boyd (2013). Social network sites :Definition, history and scholarship. Columbia

Fahri. E (2011). Being Political.London: Minneapolis

Gary B. S. Thomas J.C & Misty E.V (2007). Discovering Computers: Fundamentals, 3rd. (Terjemahan). Jakarta: Salemba Infotek

Hendrastomo. (2008). Representasi Telepon Seluler dalam Relasi Sosial. Socia, 2008, Volume 5 Nomor 2

Hidayat. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Istiyanto, J.E, (2013). Pemogaman Smartphone Menggunakan SDK Android dan

Hacking Android. Yogyakarta: Graha Ilmu

Irawan. J (2013). Pengaruh kegunaan gadget terhadap kemampuan bersosialisasi pada remaja.Universitas Islam Riau: Pekanbaru

James m. Henslin, (2006). Life in Society: Readings to Accompany Sociology, a Down-to-earth. New Southt Wales: Pearson Education/Allyn & Bacon

Lioni. T &Yunisca, Holillulloh. (2013). Pengaruh penggunaan gadget pada peserta didik terhadap interaksi sosial. SMP Negeri 29 : Bandar Lampung

Manumpil. B, Yudi, Franly. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengantingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Program studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran: Universitas Samaratulangi

Maryati. K & Suryawati. J. (2014). Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta. Erlangga

Marhaeni. D. P (2012) Intensitas Peran Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Untuk Mencegah Kenakalan Remaja. Acta diurnA. Vol 8 No 2.

Mighwar. A (2006). Psikologi Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia

Ngafifi. M (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspekstif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan : Fondas dan Aplikasi Volume 2 Nomor 1. 2014

Notoadmojo. (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta

Notoadmojo, S. (2005). Metode Penelitian Kesehatan, edisi revisi, Rineke Cipta. Jakarta

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Old. P (2012). Perkembangan Pada Remaja. Jakarta: Rineka Cipta

Rahayuning. D (2009). Hubungan Kontrol Diri dengan Kecanduan Internet pada Siswa Sekolah Menengah Atas. [on-line 91]. Diakses pada tanggal 28 Desembar 2012 dari http://etd.eprints.ums.ac.id/59 80/1/F100040103.pdf

Ruchayati (2012). Blak-blakan bahas mapel sosiologi SMA. Yogyakarta: Penerbit Cabe Rawit

Sarwono. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Santoso. A (2008). Interaksi Manusia dan Komputer: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Andi Offset

Setyobroto, S. (2013). Psikologi sosial pendidikan. Jakarta: Percetakan Solo.

Setiadi, 2013. Konsep Dan Praktik Penulisan Risert Keperawatan, edisi kei-2. Yogyakarta; graham ilmu

Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya, Jakarta: Sagung

Subagio & Wibowo, M (2013). Sosiologi Jilid I. Jakarta: Pirantidarmakalokatama

Sugiyono, (2006). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono,(2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabetha: Bandung

Suara Merdeka, 27 Maret 2015, Indonesia Pasar Paling Menguntungkan.

Swarnadwitya, A. (2012). Gadget. Diakses darihttp://arvina13.wordpress.com/2012/03/11/gadgetpada tanggal 31 mei 2012

Widyana, (2011). Kamus Psikologi. Jakarta: Widyatama

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Minar Hutahuruk. (2022). HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI PADA REMAJA DI SMP NEGERI 6 MANADO. Jurnal Kesehatan Amanah, 2(1), 50–54. Retrieved from https://ejournal.unimman.ac.id/index.php/jka/article/view/46