PENGARUH TERAPI MUSIK RHYTM TERHADAP PERKEMBANGAN SISTEM MOTORIK PENDERITA AUTIS DISEKOLAH LUAR BIASA (SLB) KASIH ANGELIA KOTA BITUNG

Authors

  • Dwi Saputri Kaluku Universitas Muhammadiyah Manado
  • Zainar Kasim Universitas Muhammadiyah Manado
  • Rukmini Harun Universitas Muhammadiyah Manado

Keywords:

Musik rhitm, Motorik, Autis

Abstract

Pendahuluan Autis merupakan suatu gangguan perkembangan yang menyangkut masalah interaksi sosial. Istilah autis hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal dengan baik apa yang di maksud dengan autis, sehingga seringkali penyandang autis dianggap tidak memiliki kemampuan (Safira, 2015). Musik memiliki pengaruh terhadap peningkatan kecerdasn manusia. Musik juga dapat mencegah kehilangan daya ingat. Secara garis besar musik dalam pembentukan perilaku adalah sebagai basic character building atau dalam kata lain musik berperan sebagai pondasi dalam pembentukan budi pekerti, pembentuk perasaan moral dan pembentuk perilaku keadilan, cinta kasih dan kelemah lembutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Terapi Musik Rhytm Terhadap Perkembangan Sistem Motorik Penderita Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kasih Angelia Kota Bitung

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analitik dengan pendekatan one group pre-post test desig.Sampel responden dalam penelitian ini sebanyak 15 orang dengan tehnik pengambilan sampelmenggunakan teknik Asidental sampling.

Hasil penelitian  Dari hasil uji statistik Mc. Nemardidapatkan nilai Sig. (p Value) = 0,000 dengan tingkat signifikansi sebesar <0,05 yang artinya nilai Sig. (p Value) 0,000 <0,05, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak atau ada pengaru terapi musik rhytm terhadap perkembangan sistem motorik penderita autis.

Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh terapi musik rhytm terhadap perkembangan isitem motorik penderita autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kasih Angelia Kota Bitung. Saran diharapkan dapat menjadi sumber pengetahuan, pembelajaran dan informasi untuk penelitian selanjutnya.

References

Artikel Republika.co.id tentang alasan anak laki-laki lebih cenderung terkena autis dari perempuan, 2020. Link : https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/17/02/13/olajin359-anak-lakilaki-lebih-rentan-autisme-ini-alasannya

Artikel World Healt Organization, 2019 tentang Autism Spectrum Disorder (ASD).Link:who.int/news_room/fact_sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Aditya, S. N. (2017). Pengaruh Terapi Musik Instrumental Terhadap Insomnia Pada Lansia Di Upt Pelayanan Sosial Tresna Werdha Jombang. Jurnal Keperawatan , 8.

Amin, M. (2017). Penyebab Autis Melalui Jalur Neuroinflamasi. Jurnal Biologi, 6.

Artikel American Musik Therapy Assosiasion 2017, tentang definisi terapi musik. Link : musictherapy.org/about/musictherapy/

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Djohan, A. M. (2017). Terapi Musik: Bebas Budaya Atau Terikat Budaya. Jurnal Psikologi, 5.

Elvi, H. (2015). Hubungan Antara Tingkat Kecukupan Gizi, Aktivitas Fisik Dan Pola Konsumsi Pangan Bebas Gluten Dan Kasein Dengan Status Gizi Anak Penyandang Autis Di Kota Bogor . Jurnal Ekologi, 7.

Gagne, R.M.2013. The Condition Of Learning Theory Of Instrucion. New York: Rinehart.

Indiarti MT. 2017. Ma, Aku Sakit Lagi : Panduan Lengkap Kesehatan Anak Dari A Sampai Z. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

journal of music therapy, A. blythe La GasePhD, MT-BC, Volume 51, 2014, https://doi.org/10.1093/jnt/thu012

Lelyka. (2012). Terapi Musik Untuk Anak Autis. Jakarta :Alfabeta

Lutan, Rusli. (2015). Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori Dan Metode. Jakarta: Dikbud.

Margono, S. (2010), Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Moore, D. W., & Anderson, A.(2014). Self-Management Interventions On Students With Autism : A Meta- Analysis Of Single-Subject Research. Exceptional Children, 81(1), 28–44.

Mayada Elsabbagh, Gauri Divan, Yun-Joo Koh, Young Shin Kim, Shuaib Kauchali, Carlos Marcín, Cecilia Montiel-Nava, Vikram Patel, Cristiane S Paula, Chongying Wang, Mohammad Taghi Yasamy, And Eric Fombonne. (2017). Global Prevalence Of Autism And Other Pervasive Developmental Disorders. Jurnal Psikologi, 7.

Ningrum, N. F. (2017). Pengembangan Model Permainan Untuk Meningkatkan Perseptual Motorik Dan Perilaku Sosial Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Keolahragaan, 5.

Notoatmodjo. (2016). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Selemba Medika.

Nurlaila Abdullah Mashabi, Nur Rizka Tajudin. (2016). Pengetahuan Gizi Ibu Dan Pola Makan Anak Autis . Jurnal Kesehatan, 5.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. (P. P. Lestari, Ed.) (4th Ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Pratiwi, S. S. (2019). Komunikasi Antara PEeserta Didik Non-Disabilitas Dan Peserta Didik Penyandang Autisme Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5.

Ryo. (2017). Pengaruh Terapi Musik Klasik Jawa Terhadap Kreativitas Anak Autis Di SLB Negri Semarang. Jurnal Keperawatan, 3.

Risiko Penyakit Berdasarkan Klasifikasi Umur Menurut WHO dan Masalah Kesehatannya. Link: http://www.sehatq.com/artikel/risiko-penyakit-berdasaran-klasifikasi-umur-menurut-who

Safira. (2015). Studi Fenomenologis Tentang Penerimaan Orang Tua Terhadap Aanak Autis Di SLB Negeri Semarang. Jurnal Keperawatan, 7.

Sastra, L. A. (2016). Pengembangan Tindak Bahasa Terapi Dalam Interensi Anak Autis Spektrum Perilaku. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, D. M. (2015). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Tingkat Kecemasan Sebelum Bertanding Pada Atlet Futsal Putri Tim Muara Enim Unyted. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 6.

Suhartini. 2015. Effectiveness Of Music Therapy Toward Reducing Patien’s Anxiety In Intensive Care Unit. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Hal 9.

Syarif, Muhammad. (2015). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Komunikasi Verbal Pada Anak Autis Di SLB Polewali Mandar.Jurnal Kesehatan Bima Generasi, 7.

Swarjana, I.K. (2016). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). Yogyakarta: ANDI

Wijayakusuma, H.2014. Psikoterapi Untuk Anak Autism. Jakarta : Pustaka Populer Obor.

Widiawati, S. (2015). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Auis Di Kiddy Autism Centre Kota Jambi. Jurnal Keperawatan, 4.

Yuwono, J. 2012. Memahami Anak Autistik (Kajian Teori Dan Empirik). Bandung : Alfabeta.

Yuliana, A. R. (2020). Eefektifitas Terapi Musik Klasik Monzat Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi

Downloads

Published

2022-07-07

How to Cite

Dwi Saputri Kaluku, Zainar Kasim, & Rukmini Harun. (2022). PENGARUH TERAPI MUSIK RHYTM TERHADAP PERKEMBANGAN SISTEM MOTORIK PENDERITA AUTIS DISEKOLAH LUAR BIASA (SLB) KASIH ANGELIA KOTA BITUNG. Jurnal Kesehatan Amanah, 3(2), 76–83. Retrieved from https://ejournal.unimman.ac.id/index.php/jka/article/view/66