Efektivitas Pendaftaran Online Peserta Menggunakan Aplikasi Mobile- JKN dalam Pelayanan Pasien Rawat Jalan di RSU Mitra Medika Amplas

Authors

  • Chintami Octavia Institut Kesehatan Helvetia
  • Eric Winarno Institut Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.57214/jka.v8i1.727

Keywords:

Online Registration, Mobile JKN

Abstract

Health sector reform aims to enhance access and effectiveness of medical services for all communities. This study evaluates the impact of online registration via Mobile-JKN on outpatient services at RSU Mitra Medika Amplas in 2024. The research employs a quantitative approach with an analytical survey using a cross-sectional design. Respondents consist of 91 outpatients, selected through Purposive Sampling. Data analysis was conducted using Logistic Regression. Logistic regression analysis reveals that the OTP code plays a crucial role in the effectiveness of BPJS online registration, with an Odds Ratio (OR) of 15.221, meaning that patients who understand how to use the OTP code have 15.221 times higher chances of successful registration. In conclusion, user knowledge, internet network, and OTP code significantly affect patient services. RSU Mitra Medika is recommended to expand education and promotion of Mobile-JKN, optimize its utilization, and reduce queues at BPJS offices to improve service efficiency.

References

Abidin, Z., & Yacob, S. (2022). Kualitas Layanan Mobile Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Memilih Layanan Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Bpjs Kesehatan Kota Jambi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 845–896.

Alfauzain, A., Wisandra, A., & Azzahra, P. S. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Testing Dan Implementasi Sistem Informasi, 1(2), 122–136.

Asriyanti, A., Talib, M. T., Syamsuddin, S., Djayadie, A., & Qasim, A. (2023). Efektivitas Sistem Pendaftaran Online Bagi Pasien Rawat Jalan Di Rsu Bahagia Makassar. Journals of Ners Community, 13(1), 200–214.

Databoks. (2023). Jumlah Peserta JKN BPJS Kesehatan. Katadata Media Network.

Finta, D. D., Syamsir, S., Adriyan, D. P., Muhammad, F., Febrilia, I., & Cahyani, W. (2022). Reformasi Sistem Pelayanan Publik Melalui Mobile Jkn Di Bpjs Kesehatan Kota Padang. Jurnal Fusion, 2(12), 916–925.

Hasnidar, H., Tasnim, T., Sitorus, S., Hidayati, W., Mustar, M., Fhirawati, F., Yuliani, M., Marzuki, I., Yunianto, A. E., & Susilawaty, A. (2020). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yayasan Kita Menulis.

Kamillia, W. I., Wahyuni, S., Putri, I. F., & Nofirza, N. (2022). Implementasi Governansi Digital Melalui Aplikasi Jkn Mobile Di Kantor Bpjs Kesehatan Kota Bukittinggi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, 1(2), 204–218.

Kes, N. M., Saputra, M. G., & Nurdiana, F. (2020). PENGARUH PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT X. Journal Of Health Care, 1(1).

Khusna, A., Ridwandono, D., & Pratama, A. (2021). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan penggunaan berkelanjutan aplikasi mobile JKN di kabupaten Sidoarjo. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 2(2), 152–161.

Kusumawardhani, O. B., Octaviana, A., & Supitra, Y. M. (2022). EFEKTIVITAS MOBILE JKN BAGI MASYARAKAT: LITERATURE REVIEW. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional, 64–69.

Lumi, W. M. E., Musak, R. A., Tumiwa, F., Waworuntu, M. Y., & Surya, W. S. (2023). Aplikasi Mobile JKN Edukasi Tentang Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Pada Pasien Rawat Jalan RSUD Anugerah Tomohon. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 1620–1626.

Luthfi, A. (2023). KUALITAS PELAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI MOBILE JKN PADA BPJS KESEHATAN KABUPATEN KUBU RAYA. BERKALA ILMIAH MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS, 2(1).

Mariyam, S. (2018). Sistem Jaminan Sosial Nasional Melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan (Perspektif Hukum Asuransi). Serat Acitya, 7(2), 36.

Maulana, I., Basori, Y. F. F. Y., & Meigawati, D. (2023). IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN CABANG SUKABUMI 2018–2021. Jurnal Governansi, 9(1), 44–52.

Muhammad Iman. (2015). Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmia. In Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah.

Narmansyah, S., Rahmadani, S., Arifin, M. A., & Thaha, R. M. (2022). Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi JKN Mobile Di Kota Makassar. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(3), 196–204.

NISA, K. (2021). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN PADA PESERTA BPJS KESEHATAN KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2021. STIKes Kuningan.

Primadhani, S. W., Ilyas, Y., & Atthahirah, A. I. (2023). Sistem Pendaftaran Online sebagai suatu Strategi Peningkatan Layanan Rumah Sakit: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(1), 20–26.

Prof.Dr.H.Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Rumah Sakit Umum Mitra Medika Amplas. (n.d.). Profil Rumah Sakit.

Sagala, R. B., & Hajad, V. (2022). Inovasi Pelayanan Kesehatan Mobile JKN Di Kantor BPJS Kota Subulussalam. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 4(1).

Salsabila, F. A. C., Febiana, C., & Wijayanti, A. P. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL STUDIO 2010 DI PUSKESMAS CIJAGRA LAMA KOTA BANDUNG. INFOKES (Informasi Kesehatan), 5(2), 20–28.

Sari, P. M. (2019). Sistem Informasi Pendaftaran Peserta JKN-KIS melalui Mobile JKN pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Surakarta.

SUYONO, D. (2020). UTILISASI TEKNOLOGI (SMARTPHONE) DAN AKSES INTERNET PADA PENINGKATAN PENGGUNAAN MOBILE JKN (JAMINAN KESEHATAN NASIONAL) DI BPJS KESEHATAN BONE BOLANGO. Skripsi, 1(811416047).

Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009. (2009). Tentang Rumah Sakit. https://doi.org/10.31219/osf.io/xg85w

Wahyuni, F. (2021). Efektivitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Berbasis Teknologi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung. Jurnal Administrativa, 3(3), 377–384.

Wara, L. S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SIAP) di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING" GOODWILL", 12(1), 1–15.

Wulandari, L., Rahyono, R., Pratiwi, A., & Lukman, I. (2022). EFEKTIFITAS LAYANAN DIGITAL MOBILE JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP JUMLAH ANTRIAN PESERTA BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG DI MASA PENDEMI COVID-19. Jurnal Jejama Manajemen Malahayati, 2(1), 80–89.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Chintami Octavia, & Eric Winarno. (2024). Efektivitas Pendaftaran Online Peserta Menggunakan Aplikasi Mobile- JKN dalam Pelayanan Pasien Rawat Jalan di RSU Mitra Medika Amplas. Jurnal Kesehatan Amanah, 8(1), 254–264. https://doi.org/10.57214/jka.v8i1.727