STRATEGI MEMBANGUN BRANDING BRAND IMAGE MELALUI DIGITAL MARKETING PADA KOPI SANGGABUANA KARAWANG DI ERA 5.0

Authors

  • Dini Yani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dexi Triadinda Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Indriyani Indriyani Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Muhsin Efendi Universitas Gajah Putih
  • Muhammad Sawir Universitas Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.175

Keywords:

Branding Brand Image, Digital Marketing

Abstract

Kabupaten Karawang yang terkenal dengan Kota Industri ternyata menyimpan banyak potensi alam yang tidak diketahui oleh masyarakat luas, bahkan warga masyarakat asli karawang sekalipun. Salah satu Desa di Selatan karawang ternyata menyimpan begitu besar potensi alam yang terletak di kaki gunung sanggabuana. Selain daerah wisata salah satu potensi alam nya adalah perkebunan kopi, dimana hasil Kopi dari Desa Mekar Buana ini memiliki kualitas yang sangat Bagus, bahkan Kopi jenis Robusta yang diproduksi menempati peringkat kedua di tingkat Provinsi Jawa barat. Penyelenggaraan pengabdian ini bertujuan untuk membangun sebuah Ekowisata yang diawali dengan mendirikan Kampung Kopi di Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan Potensi desa. Untuk mendukung tingkat pendapatan masyarakat. Salah satunya adalah melalui pengenalan promosi digital, dimana salah satu kendala yang terbesar saat ini belum dilakukannya promosi digital dengan baik dan benar oleh masyarakat sehingga perlu diadakan sosialisasi Pengenalan promosi digital. Metode awal dalam pengabdian ini berupa sosialisasi dan persamaan persepsi dengan pihak BUMDES dan Masyarakat Desa Mekar Buana. Tahap kegiatan yang akan dilakukan berupa studi observasi dan penggalian informasi. Hasil yang diharapkan dalam pengabdian awal ini berupa tergalinya informasi tentang peta kebutuhan Desa Mekarbuana dalam membangung Kampung Kopi Berbasis Ekowisata

 

 

 

References

Adithia & Jaya, 2021)Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37. https://doi.org/10.37535/104001120213

Alfirahmi, A. (2019). Fenomena kopi kekinian di era 4.0 ditinjau dari marketing 4.0 dan teori uses and effect. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 24-32.

APEKI Dapat Menjembatani Para Petani Kopi Dengan Pemkab Karawang | Situs Resmi - Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. (n.d.). Retrieved January 17, 2023, from https://www.karawangkab.go.id/berita/apeki-dapat-menjembatani-para-petani-kopi-dengan-pemkab-karawang

Cindy Mutia Annur. (n.d.). Konsumsi Kopi Domestik di Indonesia Terus Meningkat selama 5 Tahun Terakhir. Databoks. Retrieved January 17, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/24/konsumsi-kopi-domestik-di-indonesia-terus-meningkat-selama-5-tahun-terakhir

Cakranegara, P. A., Kurniadi, W., Sampe, F., Pangemanan, J., & Jaya, U. A. (2022). THE IMPACT OF GOODS PRODUCT PRICING STRATEGIES ON CONSUMER PURCHASING POWER : A REVIEW OF THE LITERATURE. 11(03), 1115–1120.

Dwi Dian Novita1*), Akhmad Bangsawan Sesunan1, Mareli Telaumbanua1, Sugeng Triyono1, T. W. S., & 1Jurusan. (2021). IDENTIFIKASI JENIS KOPI MENGGUNAKAN SENSOR E-NOSE DENGAN METODE PEMBELAJARAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION. 9(1), 205–217. https://doi.org/10.29303/jrpb.v9i2.241

Herningtyas, R., & Wirasenjaya, A. M. (2019). Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata di Dusun Lopati Kelurahan Trimurti Kabupaten Bantul Yogyakarta. Seminar Nasional Abdimas, 926–933.

Herawati, A. F., Yusuf, M., Cakranegara, P. A., Sampe, F., & Haryono, A. (2022). Social Media Marketing In The Promotion Of Incubator Business Programs. Jurnal Darma Agung, 30(2), 623-633.

Ismunandar, I., Andriani, N. Y., Hanis, R., Hamzah, R., & Yusuf, M. (2023). GRAND PREANGER BANDUNG EFFECTIVE MARKETING COMMUNICATION STRATEGY IN THE STAYCATION PROGRAM. Jurnal Ekonomi, 12(01), 48-53.

Kodhyat, H. (1996). Sejarah pariwisata dan perkembangannya di Indonesia. Gramedia Widiasarana Indonesia untuk Lembaga Studi Pariwisata Indonesia.

Kurhayadi, K., Rosadi, B., Yusuf, M., Saepudin, A., & Asmala, T. (2022). The Effect of Company Reputation and Customer Experience on Customer Loyal Behavior Citylink Indonesia. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 381–385.

Lathifah, R. T. dan A. (2021). Jurnal “HARMONI”, Volume 5, Nomor 2, Oktober 2021 Departemen Linguistik FIB UNDIP. 5, 107-111.

Musanef. (2015). Manajemen Pariwisata di Indonesia. Gunung Harta.

Sasame Coffee. (n.d.). Sejarah dan Jenis Kopi Dunia & Indonesia | Sasame Coffee. Sesame Coffe. Retrieved January 17, 2023, from https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/sejarah-dan-jenis-kopi/

Sampe, F., Yusuf, M., Pakiding, D. L., Haryono, A., & Sutrisno, S. (2022). Application Of Digital Marketing In Maintaining Msmes During The Covid-19 PandemiC. Jurnal Darma Agung, 30(2), 663-676.

Yusuf, M., & Matiin, N. (2022). ANALYSIS OF THE EFFECT OF THE MARKETING MIX ON PURCHASING DECISIONS. International Journal of Economics and Management Research, 1(3), 177-182.

Yusuf, M., Betty, H., & Sihombing, M. (2022). The Effect of Product and Service Quality on Consumer Loyalty at Palopo Minimarkets. December. https://doi.org/10.24042/febi.v7i2.14430

Yusuf, M., Fitriyani, Z. A., Abdilah, A., Ardianto, R., & Suhendar, A. (2022). THE IMPACT OF USING TOKOPEDIA ON PROFITABILITY AND CONSUMER SERVICE. Jurnal Darma Agung, 30(2), 559–573.

Yusuf, M., Haryono, A., Hafid, H., Salim, N. A., & Efendi, M. (2022). ANALYSIS OF COMPETENCE, LEADERSHIP STYLE, AND COMPENSATION IN THE BANDUNG CITY PASAR BERMARTABAT. Jurnal Darma Agung, 30(1), 522–524.

Yoeti, Oka, A. (2008). Perencanaaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradaya Pratama.

Yoeti, O. A. (2005). Perencanaan Strategis, Pemasaran Daerah Tujuan Wisata, PT Pradnya Paramita.

Yosepha Pusparisa. (n.d.). 10 Negara dengan Konsumsi Kopi Terbesar Dunia. Retrieved January 17, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/13/10-negara-dengan-konsumsi-kopi-terbesar-dunia

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Dini Yani, Dexi Triadinda, Indriyani Indriyani, Muhsin Efendi, & Muhammad Sawir. (2022). STRATEGI MEMBANGUN BRANDING BRAND IMAGE MELALUI DIGITAL MARKETING PADA KOPI SANGGABUANA KARAWANG DI ERA 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(4), 94–105. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.175