PENERAPAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK POS PAUD KENANGA 12 KECAMATAN PASIR KALIKI CIMAHI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.187Keywords:
PAUD, Manajemen Pembelajaran, Peningkatan Hasil BelajarAbstract
Manajemen pembelajaran merupakan suatu pengaturan proses belajar mengajar untuk terciptanya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Proses belajar dapat berjalan sempurna dengan melalui pengelolaan kelas yang baik karena pengelolaan kelas yang baik sangat menentukan kualitas kegiatan belajar mengajar. Ketika kualitas belajar dan mengajar baik, maka tujuan pembelajaran yang ingin dicapai juga akan berjalan dengan baik. Itulah mengapa seorang guru harus memiliki kemampuan manajemen kelas yang baik. Pos Paud Kenanga 12 merupakan salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang terlatak di Kelurahan Pasir kaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi Propinsi Jawa Barat, Jumlah guru, dengan sarana dan Prasana yang sangat terbatas. Oleh karenanya diperlukan pendampingan dalam pengelolaan proses belajar mengajar harapannya hasil belajar siswa sesuai dengan harapan yang tercantum dalam kurukulum PAUD. Pos Paud ini memiliki dua kelompok Belajar. Hasil pendampingan dan analisis tim pengabdian penerapan manajemen pembelajaran anak usia dini dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di Pos Paud Kenanga 12 , hasil belajar peserta didik yang mencapai enam kelompok A sebanyak 75 % dan kelompok B yaitu 87,5 % .
References
Aziz, Thorik. 2019. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 102. Duta Media Publishing.
Direktorat Tenaga Teknis (Diktentis Diklusepa). 2003. “Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 0 – 6 Tahun.” Jakarta.
Hadiati, Eti, and Fidrayani Fidrayani. 2019. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1: 69–78.
Hapidin. 2012. Manajemen Pendidikan TK/PAUD. Tangerang: Universitas Terbuka : Tangerang Selatan.
Hapidin, M Pd. 2011. “Konsep Dasar Manajemen Pendirian Lembaga TK/PAUD.” Modul 1: 131.
Kariyana, Israel, and Reynold A. Sonn. 2016. “Teaching Methods and Learners’ Concept Formation, Development and Integration in Geometry: Assessing the Relationship.” International Journal of Educational Sciences 12, no. 1: 75–88.
Munawar, Muniroh, Agung Prasetyo, and Ratna Wahyu Pusari. 2013. “Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pendekatan in House Training Berbasis Kearifan Budaya Lokal.” PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 mei.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2015.