Penggunaan Bahasa Lokal Sebagai Pengantar Pengajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Sekolah Dasar di Wilayah Pedesaan Kabupaten Sumbawa

Authors

  • Irfan Hamonangan Tarihoran STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Dirgahayu Pratiwi STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Iwan Jazadi STKIP Paracendekia NW Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.218

Keywords:

Bahasa Lokal, Bahasa Pengantar, Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak, Wilayah Perdesaan

Abstract

Tujuan dari program ini adalah untuk melatih keterampilan anak-anak dalam bahasa Inggris, untuk meminimalkan kesenjangan pendidikan di daerah pedesaan dan perkotaan, serta untuk melatih dan mengembangkan keterampilan para calon guru dalam mengajar. Terdapat enam tahapan dalam pelaksanaan program pengabdian ini secara umum yaitu tahap pemilihan tutor, tahap pembekalan tutor, tahap observasi dan pemilihan sekolah sasaran, tahap penyiapan bahan atau bahan ajar, tahap pendampingan, penyusunan laporan panggung. Proses pendampingan tutor menggunakan empat metode pengajaran yaitu Grammar Translation Method (GTM), Metode Lisan, Metode Tanya Jawab, dan Metode Percakapan. Penggunaan metode disesuaikan dengan kebutuhan materi atau bahan ajar pada setiap pertemuan. Selama kegiatan pendampingan, ada lima materi yang diajarkan tutor kepada peserta program. Materinya adalah pengenalan diri, salam, mengenal angka, nama anggota keluarga, dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar. Salah satu kesimpulan penting adalah penggunaan bahasa daerah sebagai media pengajaran bagi anak merupakan salah satu faktor yang menentukan tingkat pemahaman anak terhadap materi.

References

Alamsyah, I. E. Pendidikan dan Budaya Jadi Indikator Kemauan Bangsa. https://republika.co.id/berita/nasional/umum/19/03/31/pp8mn7349-pendidikan-dan-budaya-jadi-indikator-kemajuan-bangsa, (31 March 2019).

Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KBBI V 0.40. Beta (40). https://github.com/yukuku/kbbi4, (2020).

Ibda, H. Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar. Shahih, Vol. 2 No. 2 (2017, July-December)., 195-207.

Inovasi. Risalah Kebijakan Penggunaan Bahasa Daerah dalam Pembelajaran di Kelas Awal. https://www.inovasi.or.id/wp-content/uploads/2019/10/Risalah-Kebijakan-BAHASA-IBU-1.pdf (2019, November).

Luciana, A. Jokowi Tegaskan Pentingnya Menguasai Teknologi bagi Masyarakat. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://bisnis.tempo.co/read/1117710/jokowi-tegaskan-pentingnya-menguasai-teknologi-bagi-masyarakat (2018, Agustus 16).

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2003.

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Irfan Hamonangan Tarihoran, Dirgahayu Pratiwi, & Iwan Jazadi. (2023). Penggunaan Bahasa Lokal Sebagai Pengantar Pengajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Sekolah Dasar di Wilayah Pedesaan Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(1), 35–43. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.218