Sosialisasi Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Covid-19 bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan

Authors

  • Salman Alparis Sormin Universitas Graha Nusantara, Padangsidimpuan
  • Dharma Gyta Sari Harahap Universitas Graha Nusantara, Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v2i2.249

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui peran apa saja yang orang tua berikan selama mendampingi anak dalam kegiatan belajar di rumah pada anak usia Sekolah Dasar di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini melalui kegiatan yang dikemas secara workshop tentang peran orang tua di masa pandemic Covid-19 dalam pembelajaran daring bagi anak usia sekolah dasar, sedangakan yang menjadi khalayak sasarannya adalah para orang tua di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi orang tua dalam membantu, membimbing anak belajar secara daring di rumah dan memahami bagaimana pentingnya pengawasan bagi anak dalam proses pendidikan, sekaligus dapat merasakan bagitu berat tugas seorang guru dalam mendidik anak di sekolah.

References

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang Tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease (Covid- 19).

Khasanah, D. R. A. U., Hascaryo Pramudibyanto, Barokah Widuroyekti. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia. 10 (01), 41-48.

Kurniati, E., Dina Kusumanita Nur Alfaeni., Fitri Andriani. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (1), 241-256.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mastura dan Rustan Santaria. (2020) Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3 (2), 285-295

Nurlaeni, N., dan Yenti Juniarti. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Usia 4 Sampai 6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD. 2 (1), 51-62.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus Disease Covid-19.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 Tahun 2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID19).

WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Advocacy. www.Who.Int.https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus2019/advice-forpublic/healthy-parenting

Zahrok, S., dan Ni Wayan Suarmini. (2018). Peran Perempuan Dalam Keluarga. Prosiding SEMATEKSOS 3"Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0" Iptek Journal of Processing Series. 5 (3), 61-65.

Downloads

Published

2020-06-12

How to Cite

Salman Alparis Sormin, & Dharma Gyta Sari Harahap. (2020). Sosialisasi Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Covid-19 bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(2), 01–07. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v2i2.249