Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Psikososial Pada Anak Usia Prasekolah di TK Raudhatul Atfhal Assalam Manado
DOI:
https://doi.org/10.57214/jka.v5i1.199Keywords:
gadget, psikososial, anak.Abstract
Latar Belakang Penggunaan gadget bagi perkembangan anak usia dini dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif. Anak yang terbiasa menggunakan gadget secara berlebihan akan berdampak pada perkembangan psikososialnya. Tujuan Penelitian diketahui hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial anak usia prasekolah di TK Raudhatul Athfal Assalam Manado. Metode Peneltian menggunakan Deskriptif Analitik dengan rancangan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang menggunakan total sampling. Hasil Penelitian Dari hasil uji Chi-Square with Continuity Correction menunjukan ada hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial pada anak usia prasekolah di TK Raudhatul Athfal Assalam Manado nilai p-value = 0,001 ≤ 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini ada hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial anak usia prasekolah di TK Raudhatul Athfal Assalam Manado. Saran orang tua untuk lebih selektif lagi dalam memberikan mainan kepada anak dan perlu adanya pengawasan serta ketegasan dalam memberikan batasan kepada anak dalam bermain gadget.
References
Ahmadi, A., & Sholeh, M. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Anggrahini, S. A. (2017). Dinamika Komunikasi Keluarga Pengguna Gagdet. Universitas Islam Negeri Kalijaga : Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta. Skripsi.http://digilib.uin-suka.ac.id/1695/pdf/. di akses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 19.30 WIB.
Budiarto, Eko. (2014). Metedologi Penelitian Kedokteran. Jakarta:EGC.
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gagdget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan Vol. 17 No.2. http://eujornal.iain-tulungagung.ac.id.pdf. di akses pada tanggal 24 Agutus pukul 20.45 WIB.
Darkusno, K. (2014). Tugas-Tugas Perkembangan : Universitas Indonesia. Http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR_PEND_LUAR_SEKOLAH/194412051967101KOKO_DARKUSNO_A/TUGAS_TUGAS_PERKEMBANGAN.pdf. di akses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 20.00 WIB.
Departemen Kesehatan RI. (2014). Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta: RISKESDAS. www.depkes.go.id. di akses pada tanggal 23 Mei 2019 pukul 18.45 WIB.
Djohan. (2012). Terapi Musik; Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Galangpress.
Halawa, A., & Yustina, M. (2018). Hubungan Penggunaan Media Elektronik (Gadget) Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah di TK Islam Al Irsyad 01 Cilacap. Jurnal Keperawatan, Volume XIII, No.2, 148-154.http://ejournal.stiks.ac.id/pdf/. di akses pada tanggal 28 Agustus 2019 pukul 19.45 WIB.
Kim, Y. (2013). Young Children in the Digital Age. Las Vegas: University of Nevada Cooperative Extension.
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun J. PAUD Teratai. 5 (3), 182-186. htpp://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/pdf/. di akses pada tanggal 20 Juni 2019 pukul 22.00 WIB.
Salsabila, S. (2016). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan anak di TK Al-Azhar Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala Darussalam. Banda Aceh. Skripsi. http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=19117.pdf. di akses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 19.00 WIB
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syahruddin, A. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Laki-Laki dan Permpuan: Eksplanasi Dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurna Filsafat Indonesia Vol. 1, No.1. Nusa Tenggara Barat: Prodi Pendidikan Biologi Universitas Hamzanwadi. http://unihaz.ac.id/pdf/. di akses pada tanggal 4 September 2019 pada pukul 20.00 WIB
The Asian Parent Insights. (2014). Mobile Device Usage Among Young Kids: A Shoutheast Asia Study. Telok Ayer, Singapore: The Asian Parent Insights and Samung Asia Pte Ltd.http://id.theasianparent.com di akses pada tanggal 23 Mei 2019 pukul 19.45 WIB.
Werdenigsih, A. T. A. & Astriani, K. (2014). Peran Ibu Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal STIKES Vol. 5, No. 1. http://media.neliti.com.pdf di askes pada tanggal 24 Agustus 2019 pada pukul 20.20 WIB
Widati, A. (2014). Penagruh Terapi Bermain: Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus dan Kognitif Anak Usia Prasekolah (4-5 Tahun). Journal Of Nerscommunity Vol. 3 No. 6. http://ejournal.unigres.ac.id.pdf/. di akses pada tanggal 23 Mei 2019 pukul 19.30 WIB.