PENGENALAN ONLINE BUSINESS MARKETING MELALUI MEDIA SMARTPHONE DI DESA PATIMUAN

Authors

  • Alwi Sofyan STKIP Darussalam Cilacap
  • Fitrian Prila Wardani STKIP Darussalam Cilacap
  • Wina Agustina STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v2i4.245

Keywords:

online marketing, smartphone, signifikan

Abstract

Desa Patimuan sebenarnya memiliki banyak potensi yang belum banyak diekspos oleh media secara maksimal. Salah satu potensi ekonomi yang ada di desa Patimuan dan menjadi andalan karena sudah dikenal oleh kalangan luas adalah pertanian jeruk. Kebun jeruk yang ada di di desa tersebut seluas 250 hektar. Potensi lain yang sebenarnya belum terekspos secara efektif adalah kebun sayur organik dan tanaman hias. Hal ini memang belum banyak mendapatkan perhatian dari kalangan umum. Selain itu, masih ada beberapa potensi desa yang lain yang seyogyanya dapat lebih ditingkatkan dengan adanya program pemberdayaan masyarakat. Menurut kepala desa Patimuan, Muttaqin. S.Pd.I, masyarakat di desa Patimuan masih harus meningkatkan kemampuannya dalam memaksimalkan potensi di desa ini. Sayangnya, masyarakat yang potensial tersebut masih ketinggalan dalam penguasaan dan pemanfaatan smartphone untuk online marketing. Setelah kami mengetahui kurangnya pengetahuan di bidang teknologi ini, maka kami menawarkan proposal PKM-M yang berjudul "Pengenalan online marketing melalui media smartphone di desa Patimuan, Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap".

Menurut kepala desa Patimuan, Muttaqin. S.Pd.I, masyarakat di desa Patimuan masih harus meningkatkan kemampuannya dalam memaksimalkan potensi di desa ini. Dengan terealisasinya proposal ini kami berharap besar akan adanya perubahan signifikan terhadap masyarakat Desa Patimuan dalam hal pengetahuan teknologi dan penggunaannya. Hal tersebut yang akan menjadikan Desa Patimuan dikenal sebagai desa model di kabupaten Cilacap yang berkecimpung dalam marketing online. Dan bukan hal yang mustahil, jika prosposal yang kami tawarkan ini bergerak maju sesuai yang diharapkan, nantinya Desa Patimuan akan menjadi desa percotohan dan teladan bagi desa lainnya.

References

Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston dan Fiona Ellis-Chadwick, 2015, Internet Marketing: Strategy, Implementattion And Practice, Pearson Education Limited, London,England.

Justin G. Longenecker, dkk., Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil, 2013, Salemba Empat, Jakarta.

Rayport, Jeffrey F. dan Bernard J.Jaworski, 2013, Introduction To E-Commerce, 2nd Edition, McGraw-Hill, New York.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2014, Principles of Marketing, 10th Edition, Pearson Education Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Kartika H, Bambang. 2013, WeChat, Social Messaging dengan Fitur Kaya Multimedia. Katawetawaraks, C. & Cheng, L. W. (2014). Online shopper behavior: Influences of online shopping decision. Asian Journal of Business Research.

McLeod, Raymond dan George Schell, 2010, Management Information Systems, 8th Edition,

Prentice Hall, Newn Jersey. Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Jonathan Sarwono, K. Prihartono Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet, 2015, Elex media Komputindo, Jakarta.

Safko, Lon and David K.Brake 2016. The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success, John Wiley & Sons: New Jersey.

Strauss, Judy dan Raymond Frost, 2014, E-Marketing, 5th Edition, Prentice-Hall, Inc., Upper Saddle, New Jersey.

Turban, Efraim, R.Kelly Jr. Rainer dan Richard E.Potter, 2013, Introduction To Information Technology, 3rd Edition, John Wiley & Sons, Inc., New York.

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Alwi Sofyan, Fitrian Prila Wardani, & Wina Agustina. (2020). PENGENALAN ONLINE BUSINESS MARKETING MELALUI MEDIA SMARTPHONE DI DESA PATIMUAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(4), 6–11. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v2i4.245