PELATIHAN PEMROGRAMAN AKTIVITAS FISIK MELALUI OUTBOUND DAN BRAINGYM SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KEDISIPLINAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PATIMUAN

Authors

  • Amalia Nuruul Azizah STKIP Darussalam Cilacap
  • Alwi Sofyan STKIP Darussalam Cilacap
  • Muflihatul Khofifah STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v3i4.239

Keywords:

Pemrograman Aktivitas Fisik, Outbound, Braingym, Pembentukan Karakter, Kedisiplinan.

Abstract

Pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh pengabdi berupa pelatihan pemrograman aktivitas fisik melalui outbound dan braingym sebagai implementasi pembentukan karakter dan kedisiplinan bagi guru Sekolah Dasar di Kecamatan Patimuan. Kegiatan ini bertujuan untuk diantaranya: (1) saling memahami dan saling pengertian/peduli dengan orang lain dan belajar membangun kepercayaan diri dan mempercayai kepada yang lain, (2) belajar membangun tim kerja yang cakap dan handal dan memahami arti penting kerjasama kelompok dalam lingkungan kerja, (3) membangun individu dalam kelompok secara lebih energik dan mendorong individu dalam menghadapi tantangan kelompok yang ada, (4) memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan kreativitas dalam penyusunan pembelajaran olahraga rekreasi bagi siswa agar memiliki kompetensi yang kreatif dalam mengembangkan pembelajaran penjas di tingkat sekolah.

Metode Pelaksanaan kegiatan ini adalah ceramah, demonstrasi dan praktik/latihan. Metode Ceramah ceramah digunakan untuk menyampaikan informasi kepada para guru Sekolah Dasar di Kecamatan Patimuan tentang pemrograman aktivitas fisik melalui outbound dan brain gym. Metode demonstrasi sangat penting keberadaanya dalam kegiatan pelatihan ini, karena dalam pelatihan suatu proses kerja akan lebih mudah diikuti oleh peserta pelatihan manakala ketrampilan yang akan ditransformasikan bisa dieksplisitkan secara konkrit melalui demonstrasi. Metode Praktik dilakukan oleh para guru untuk mencoba menguasai gerakan braingym dan outbound yang dapat di implementasikan pada setiap pembelajaran penjas disekolah. Dalam evaluasi, Tim Pengabdi melakukan pengamatan langsung kepada para peserta dengan kriteria antusiasme, perhatian, dan kesungguhan dalam mengikuti kegiatan pelatihan.

Hasil Pengabdian pada masyarakat menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik sesuai dengan program yang telah dibuat. Hal ini ditunjukkan oleh animo peserta yang cukup tinggi. Pemrograman aktivitas fisik dan praktik yang terdiri dari penguasaan teknik dasar outbond training dan brain gym yang dapat membentuk karakter bagi siswa seperti: nilai-nilai kerjasama, kepercayaan, kemampuan memecahkan suatu masalah, proses pendewasaan diri, kebersamaan, leadership (kepemimpinan), kedisiplinan, kemampuan akselerasi untuk mencapai suatu tujuan, melatih mental dan keberanian serta kesenangan batiniah. Indikator keberhasilan ditandai dengan tingginya motivasi peserta dalam mengikuti kegiatan ini serta dimilikinya pengetahuan dan keterampilan baru tentang outbond dan brain gym.

References

Dewi M, C. S., & Zuroidah, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Santri TPQ Asy-Syifa Bangsal melalui Metode Explicit Instruction. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 33-45. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.61

Hinch, T., & Ito, E. (2018). Sustainable sport tourism in Japan. Tourism Planning & Development, 15(1), 96–101.

Irianto, D. P. (2018). Dasar-dasar latihan olahraga untuk menjadi atlet juara. Pohon Cahaya.

Khoirun Nisa, V. ., & Zunairoh, Y. . (2022). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak dan Interpersonal Skill melalui IndividualCompetition di Dusun Jombok. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 83-93. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.75

Morales, M. P. E. (2016). Participatory action research (par) cum action research (ar) in teacher professional development: A literature review. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 156–165.

Muharram, nur ahmad, & Lusianti, S. (2017). PENGEMBANGAN TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNARUNGU KATEGORI RINGAN DI SLB B KOTA KEDIRITAHUN 2017. Peran Konseling Dalam Meningkatkan Strategi Pemberdayaan Masyarakat Menuju Indonesia Emas 2045, 57–69. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Muharram, N. A. (2020). PARADIGMA PENDIDIKAN KRITIS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN JASMANIDIMASA PANDEMI COVID 19. In Bunga Rampai.

Muharram, N. D. (2020). Test To Physical Condition Parameters: For The Football Athletes Persik Kediri Under –20 At 2020. Jurnal Gandrung, 1(2), 13–19.

Puspodari & Muharram N.A. (2018). Evaluasi Tingkat VO₂Max Atlet Taekwondo Pemusatan Latihan Atlet Kota (PUSLATKOT) Kediri Tahun 2018. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 2622–0156, 11–15.

Sucipto, S., Rahmayantis, M. D., Pramesti, Y. S., Sahari, S., Jatmiko, J., Ramadhani, R. A., Mukmin, B. A., & Fauji, D. A. S. (2022). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Workshop Series Literasi Ilmiah Pada Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 128-138. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.99

Valek, N. S., Shaw, M., & Bednarik, J. (2014). Socio-demographic characteristics affecting sport tourism choices: A structural model. Acta Gymnica, 44(1), 57.

Winarno, M. . . (2017). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. UM Press.

Yudanto, Y. (2020). Pengaruh model aktivitas jasmani berbasis perseptual motorik terhadap gerak dasar manipulatif anak taman kanak-kanak. SPORTIF, 6(1), 92–104

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Amalia Nuruul Azizah, Alwi Sofyan, & Muflihatul Khofifah. (2021). PELATIHAN PEMROGRAMAN AKTIVITAS FISIK MELALUI OUTBOUND DAN BRAINGYM SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KEDISIPLINAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PATIMUAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(4), 21–28. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v3i4.239