Penyuluhan Cara Mendidik Anak Sesuai Dengan Tahap Perkembangan di Dusun Karangmojo, Gunungkidul

Authors

  • Dita Juwita Zuraida Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Marlia Tyas Asih Universitas Islam As-Syafiiyah
  • Misbah Fikrianto Universitas Islam As-Syafiiyah

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v6i3.578

Keywords:

Training, How to Educate Children, Developmental Stage

Abstract

Childhood is a golden period in individual development, so understanding the childhood stage is crucial for parents. The first and foremost educators for children are parents. Unfortunately, not all parents have adequate knowledge about how to care for children that is appropriate and in accordance with child development. For example, some parents in Dusun Karangmojo, Gunungkidul, they admit that they still do not understand the stages of child development, both in terms of affective, cognitive, and psychomotor. The purpose of this community service is for parents in Karangmojo Gunungkidul to gain insight into how to educate children according to the stages of child development. Based on the results of the implementation of community service carried out offline to parents in Karangmojo, Gunungkidul, it was found that training activities on how to educate children according to the stages of child development can be useful for participants, in understanding the stages of child development and tips for parenting children according to their age.

References

Angelia, Y. (2021). Peranan guru, orang tua dalam mencegah bullying dan meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Gunung Agung Tengah Kota Pagar Alam (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini. (2022). Permasalahan pola asuh dalam mendidik anak di era digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965-1975.

Handayani, A., & Samiasih, A. (2013). Hubungan tingkat pengetahuan orang tua tentang stimulasi verbal dengan perkembangan bahasa pada anak prasekolah di TK PGRI 116 Bangetayu Wetan. FIKkeS, 6(2).

Kristanti, L. A., Sebtalesy, C. Y., & ST, S. (2019). Kapasitas orang tua terhadap personal hygiene anak autis. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Lutfiyah, D. A. (2018). Pola asuh orang tua anak penyandang tunagrahita. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Nihwan, N. (2019). Bimbingan penyuluhan terhadap pemahaman orang tua dalam mencegah stunting pada anak usia dini. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 1(01), 144-156.

Nur, A., & Malli, R. (2022). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Journal Unismuh, 1(2), 83-97.

Nurery, Y., Peni, T., & Indatul, S. (2023). Hubungan pengetahuan orang tua stimulasi perkembangan dengan perkembangan anak. Disertasi. Universitas Bina Sehat PPNI.

Putra, A. (2024). Dampak peran orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak. Circle Archive, 1(4), 1-14.

Rachmah, D. N., Zwagery, R. F., Azharah, B., & Azzahra, F. (2022). Psikoedukasi mengenai stunting pada anak dan peran pengasuhan orang tua untuk meningkatkan pengetahuan mengenai stunting. Altruis: Journal of Community Services, 3(1), 8-13.

Retnaningsih, W., & Setiyawati, D. (2019). Validasi modul pelatihan disiplin positif untuk meningkatkan praktik pengasuhan pada ibu anak prasekolah. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(2), 158-172.

Salem, V. E., Fathimah, S., Sidik, S., & Hasrin, A. (2021). Sosialisasi dampak penggunaan gadget anak usia dini pada ibu-ibu di Jemaat Nafiri Malalayang 1 (Tinjauan sosiologi keluarga). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3).

Sofyan, A., Kurniawan, A. M., & Rosaliana, A. (2021). Sosialisasi pentingnya parenting dalam pembentukan karakter anak di Desa Padangjaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(4), 40-44.

Surianti, S. (2020). Interaksi pengasuhan orang tua terhadap penanaman perilaku prososial anak di Desa Sekkang Ruba Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Disertasi. IAIN Parepare.

Tahirah, I., Ismawati, M., Megawati, H., & Rusmayadi. (2024). Pentingnya peran orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Usia Dini, 10(1), 20-26.

Trinanda, R. (2023). Pentingnya intervensi orang tua dalam mencegah stunting pada anak. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 87-100.

Trisnani, N., & Astuti, A. D. (2021). Penguatan peran orang tua dalam mengatasi kejenuhan belajar anak selama pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 97-106.

Ulya, N., & Diana, R. R. (2021). Peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia. Jurnal Golden Age, 5(2), 304-313.

Utomo, H. B., & Sari, A. T. R. (2022). Penyuluhan kegiatan parenting orang tua untuk meningkatkan kemandirian dan kemampuan pemecahan masalah anak. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 76-85.

Wardhani, W. D. L. (2016). Memperbaiki keterampilan komunikasi dalam program parenting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 2(2), 75-81.

Published

2024-09-30

How to Cite

Dita Juwita Zuraida, Marlia Tyas Asih, & Misbah Fikrianto. (2024). Penyuluhan Cara Mendidik Anak Sesuai Dengan Tahap Perkembangan di Dusun Karangmojo, Gunungkidul. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 6(3), 67–74. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v6i3.578