PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI KELURAHAN TERNATE TANJUNG

Authors

  • Annastasya Mutmainah Karim Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Manado, Indonesia
  • Silvia D. Mayasari Riu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Manado, Indonesia
  • Petronela Mamentu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57214/jka.v5i2.12

Keywords:

anak usia sekolah, Covid-19, video animasi

Abstract

Coronavirus disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome virus corona 2 (SARS-CoV-2), atau seringdisebut virus corona. Virus ini merupakan pathogen zoonotik yang memiliki tingkat mutasi tinggi dan dapat menetap pada manusia dan binatang dengan presentasi klinis yang beragam, mulai dari asiptomtik, gejala ringan sampai berat, sampai kematian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video animasi terhadap tingkat pengetahuan anak usia sekolah dalam pencegahan penularan COVID-19 di Kelurahan Ternate tanjung.

Metode penelitian ini menggunakan pra-eksperimental (one-group pra-post test design). Sampel dalam penelitian ini 35 responden diambil dengan menggunakan total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner untuk pengukuran tingkat pengetahuan anak usia sekolah. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah dengan mengunakan bantuan aplikasi SPSS 16.0 untuk dianalisa dengan menggunakan uji Mc. Nemar. Dengan tingkat kemaknaan α ≤ 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh pendidikan kesehatan media video animasi terhadap tingkat pengetahuan anak usia sekolah dalam pencegahan penularan COVID-19 di Kelurahan Ternate Tanjung dengan nilai p-value = 0,000

Kesimpulan  dalam  penelitian  terdapat  pengaruh  pendidikan  kesehatan  media  video animasi terhadap tingkat pengetahuan anak usia sekolah dalam pencegahan penularan COVID-19 di Kelurahan Ternate Tanjung. Diharapkan kepada responden yang masih memiliki pengetahuan yang masih kurang baik, agar tingkatkan lagi pengetahuan tentang COVID-19.

 

 

 

References

Anton. (2018). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Diakses: tanggal 16 agustus 2021, jam 15.45 dari website: https://eprints.uns.ac.id

Astuti. (2020). Sistem pakar diagnosa gejala awal penyakit akibat virus pada anak. Diakses: tanggal 6 september 2021, jam 12.50 dari website: https://e- journal.uniar.ac.id

Etty Rekawati. (2019). Pengeruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Melalui Metode Simulasi Praktek di Madrasah. Diakses tanggal 9 agustus 2021, jam 13.20 dari website: http://jurnal.lppm.unseod.ac.id/index- php/dinamika

Fadhilah L. N. (2015). Variasi Pengaturan Tempat Duduk Siswa Dalam Upaya Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 1 Sawahan. Diakses: tanggal 29 mey 2021, jam 13.35 dari website: https://eprints.ums.ac.id/36721/1/NA SKAH%20PUBLIKASI.pdf

Fadli. (2020). Upaya Pencegahan COVID- 19. Diakses: tanggal 30 mey 2021, jam 09.15 dari website: https://ejournal.upi.edu.ac.id.pdf

Iskandar. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Diakses: tanggal 2 september 2021, jam 22.25 dari website: https://portaluniversitasquality. ac.id

KEMENKES RI. (2020). Covid-19. Diakses dari website: https://www.kemenkes. go.id/

KEMENKES RI. (2020). Perkembangan covid-19. Diaksesdari website: https://sehatnegeriku.kemenkes.go.id

Liza Yunika. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Diakses: tanggal 20 agustus 2021, jam 18.13 dari website: https://repository.ar- raniry.ac.id

Maskur S. (2012). Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC

Nototmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Puspita S. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik pada Mata Pembelajaran Agama Islam di SD Muhammadiyah 1 Metro. Diakses: tanggal 28 mey 2021, jam 21.05 dari website: http://repository.metrouniv.ac.id

Potter & Perry. (2010). Peran dan Tanggung Jawab Perawat. Diakses: tanggal 9 agustus 2021, jam 13.15 dari website: https://repository.metrouniv.ac.id

Rini. (2013). Perkembangan Sistem Imunisasi Anak. Diakses dari website: https://rumahbelajarpsikologi.com/in dex.php/remaja.htlm

Riyanto A. (2017). Media Animasi. Diakses: tanggal 2 september 2021, jam 22.0 dari website: https://repository.dinamika.ac.id.pdf

Sri Ayu. (2018). Diakses: tanggal 28 mey 2021, jam 18.35 dari website: http://diglib.unimus.ac.id/files/diksi/ 123/jttunimus-gdlenirufaedah - 6106-2-babii.pdf

Sutrisno. (2017). Efektivitas Animasi Dalam Pembelajaran. Diakses: tanggal 2 september 2021, jam 22.15 dari website: https://media.neliti.com

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif R&D, Bandung Alfabeta Sulistyowati, 2012. Jakarta: EGC

Wiku Adisasmito. (2021). Diakses: tanggal 28 mey 2021, jam 20.18 dari website:

http://epirints.umbjm.ac.id/583/4/BA B2.pdf

WHO (2020). Angka kejadian covid-19. Diaksesdari website:

https://covid19.go.id

Widiyanto. (2020). Permasalahan Kesehatan Mental di Masa COVID-19. Diakses: tanggal 30 mey 2021, jam 09.25 dari website: https://journal.ar-riniry.ac.id

Wiku Adisasmito. (2021). Diakses: tanggal 28 mey 2021, jam 20.18 dari website:

http://epirints.umbjm.ac.id/583/4/BA B2.pdf

Yusuf L. N. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Yusuf. (2011). Perkembangan anak usia sekolah. Diakses: tanggal 29 mey 2021, jam 09,15 dari website: http://repository.upi.edu/6342/4/S_PPB_0901596_ Chapter1.pdf

Downloads

Published

2021-10-13

How to Cite

Annastasya Mutmainah Karim, Silvia D. Mayasari Riu, & Petronela Mamentu. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI KELURAHAN TERNATE TANJUNG. Jurnal Kesehatan Amanah, 5(2), 14–21. https://doi.org/10.57214/jka.v5i2.12