HUBUNGAN PENERAPAN MANAJEMEN PUSKESMAS DAN KOMITMEN KERJA DENGAN MUTU PELAYANANDI PUSKESMAS LELILEF KECAMATAN WEDA TENGAH
Abstract
Rendahnya mutu pelayanan di puskesmas sering menjadi keluhan dari masyarakat. Dampak yang biasa di timbulakn dari mutu pelayaan puskesmas yaitu ketidak puasan paien. Upaya dalam meningkatkan mutu puskesmas harus dilakukan dari segala aspek seperti meningkatkan profesionalisme dari para pegawainya dan meningkatkan fasilitas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan manajemen puskesmas dan komitmen kerja dengan mutu pelayanan di puskesmas lelilef kecamatan weda tengah.
Penelitian ini adalah desain penelitian survey analitk kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional yang di laksanakan di puskesmas lelilef kecamatan weda tengah dengan sampel penelitian sebanyak 30 responden dengan menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya data yang terkumpul di olah dengan menggunakan aplikasi spss 16.0.
Hasil penelitian ini menjelaskan didapatkan jenis kelamin terbanyak dalam penelitian ini adalah perempuan sebanyak 17 responden (56,7 %) dan umur terbanyak adalah 36-45 tahun (36,4%). terdapat hubungan signifikan penerapan manajemen puskesmas dan komitmen kerja dengan mutu pelayanan di puskesmas lelilef kecamatan weda tengah, ditunjukkan dengan hasil uji chi-square diperoleh nilai (p-value) =0,001 dimana lebih kecil dari nilai α=0,05 dan (p-value) =0,004 dimana lebih kecil dari nilai α=0,05.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara penerapan manajemen puskesmas dan komitmen kerja dengan mutu pelayanan. Diperlukan usaha oleh pihak puskesmas maupun dinas kesehatan untuk meningkatkan komitmen kerja melalui peningkatan penghargaan, pengembangan karir, peningkatan ketrampilan serta kominukasi yang baik
References
Albert Kurniawan (2015). Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior PT X Bandung. Jurnal
Alamsyah, D, 2011. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Nuha Medika. Yogyakarta
Andree Wijaya., Suhaji. 2012. Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan.
Bustami.2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga
Dharma, K.K. (2015). Metodologi penelitian keperawatan. Jakarta : Trans Info Media
Ganda Wijaya, 2016 Hubungan Penerapan Manajemen Puskesmas Dengan Mutu Pelayanan Di Puskesmas Kabupaten Karangasem Bali 2016
Hardiyanti, R,. 2013. Burnout Ditinjau Dari Big Five Factors Personality Pada Karyawan Kantor Pos Pusat Malang. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Vol 01.No.02. Diakses pada tanggal 15 september 2020
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2017. Metodologi penelitian keperawatan dan kesehatan. Jakarta: salemba medika
Jacobalis, S. (2000). Kumpulan Tulisan Terpilih Tentang Rumah Sakit Indonesia dalam Dinamika Sejarah, Transformasi, Globalisasi dan Krisis Nasional. Jakarta: Yayasan Penerbit IDI
Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2014.
Kementerian Kesehatan RI. 2016. INFODATIN Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI Situasi Balita Pendek. Jakarta Selatan.
Komang Kartini, 2016 Hubungan Komitmen Kerja Dengan Mutu Pelayanan Di Puskesmas Kabupaten Karangasem Bali 2016.
Koontz dan O’Donnell, c. Manajemen jilid 1, Erlangga, Jakarta, 1991
Kusumaputri, E.S. 2015. Komitmen Pada Perubahan Organisasi. Yogyakarta: Deepublish.
Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Notoatmodjo, S, (2015). Metode Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2014). Manajemen keperawatan aplikasi dalam praktik keperawatan profesional edisi 4. Jakarta : Salemba Medika.
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. (P. P. Lestari, Ed.) (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika. Diakses pada tanggal 15 september 2020
Ping, H., Murmann, S.K. dan Perdue, R.R. 2012. Management commitment and employee perceived service quality: The mediating role of affective Commitment, Journal of Applied Management and Enterpreneurship, Vol. 17, No. 3, pp. 79-97.
Ramsar, dkk. (2012) Penerapan Fungsi Manajemen Di Puskesmas Minasa UPA Kota Makassar Tahun 2012. Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Universitas Hasanuddin, 1-9.
Robbins, P. Stephen. (2012). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Diterjemahkan oleh: Drs. Benyamin Molan. Erlangga, Jakarta.
Rosita, dkk (2012). Pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap loyalitas pasien rumah sakit umum herna medan.
Setiadi. (2015). Konsep dan praktek penulisan riset keperawatan (Ed.2) Yogyakarta: Graha Ilmu
Shobirin, 2016 Hubungan Penerapan Manajemen Puskesmas Dengan Mutu Pelayanan Pengobatan Di Poli Umum Puskesmas Kabupaten Bangkalan 2016
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta
Srimulyani, V. A. (2009). Tipilogi dan anteseden komitmen organisasi. Skripsi yang tidak dipublikasikan. Universitas Widya Mandala, Madiun
Stephen P. Robbins and Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi Edisi 12 Buku 1. Terjemahan: Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rosyid. Jakarta: Salemba Empat.
Sudiro, Achmad. (2011). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Malang: UB Press.
Supriyanto dan Ernawati. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Suwarni. (2013). “Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik Swasta Rumah Sakit Kanker Dharmais Tahun 2013”. Jakarta Barat.
Syaifuddin, 2016. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal-4-38
.