Hubungan Penerapan Model Praktik Keperawatan Profesional/Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Paviliun Sarah
DOI:
https://doi.org/10.57214/jka.v4i2.193Abstract
Pendahuluan. pasien merupakan konsumen yang penting dan untuk menjamin kepuasan pasien maka sangat perlu adanya pelayanan yang berkualitas tinggi sesuai dengan keinginan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi Hubungan Penerapan Model Keperawatan Profesional dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Metode Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Sampel diambil berdasarkan jumlah responden 57 orang dengan menggunakan teknik Non Probability Sample. data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 16.0 untuk dianalisa dengan uji statistik Chi Sqaure dengan tingkat kemaknaan (α) 0.05. Hasil didapatkan nilai ρ = 0,001 dengan OR = 156. Kesimpulan Dalam penelitian ini terdapat hubungan penerapan MPKP dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Paviliun Sarah. Saran Rumah Sakit lebih mempertahankan dan meningkatkan kualitas penerapan model praktik keperawatan professional metode tim di RSU GMIM Pancaran kasih Manado.
References
Alamri, Azlika et al (2015) Hubungan Mutu Pelayanan Perawat dan Tingkat Pengetahuan dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Sitti Maryam Manado Jurnal ilmiah. Manado : Universitas Samratulangi Manado
Kumalasari (2017) Hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap bedah RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus.Jurnal ilmu kesehatan Vol 4 No 5 diakses dari http://docjurnal kumalasari, kudus-jurnal pdf. Diakses tanggal 23 juli 2018. Jam 21.28
Kurniati. (2013). Kepuasan Pasien Rawat Inap Lontara Kelas III Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makasar.Vol 4 No 2 Di Akses dari http://www.journal.keperawatan.go.id.Diakses tanggal 23 Agustus 2018.jam 13.32
Nursalam. (2011). Manejemen keperawatan aplikasi dalam praktik keperawatan prifesional. Edisi 2, Jakarta: Salemba Medika.
Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Muhammadiyah Manado. (2017). Buku panduan skripsi, Manado : Stikes Muhammadiyah Manado.
Rohim, A & Pranatha, A (2017) Pengaruh sistem pemberian pelayanan keperawatan professional metode tim terhadap kepuasan pasien dan kepuasan merawat Di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah 45 Kuningan. STIKES Kuningan Garawangi jurnal ilmu kesehatan Bhakti Husada Kuningan Vol 06. No 02 juli-desember 2017.
Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. (2018). Data register bagian personalia.
Sitorus R & Yulia. (2011). Manejemen keperawatan. Jakarta: EGC
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Jogyakarta: Andi Publisher
Viya F, Diva. (2017). Konsep dasar keperawatan. Yogyakarta: HEALTHY
Yetty (2017) Hubungan profesionalisme perawat terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap utama. Jurnal pdf Vol 6, No 1 Universitas Riau. Diakses dari http://www. journal.keperawatan. go.id tangal 24 juli 2018 jam 23.14