PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF MEDIA FLASH CARD TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA (4-5 TAHUN) DI TK PERTIWI MANADO
Keywords:
Permainan edukatif, flashAbstract
Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan lembar observasi. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 20.0 untuk di analisa dengan menggunakan hasil uji Chi-Square with Fisher’s Exact Test didapatkan hasil bahwa nilai p value tersebut lebih kecil dari nilai taraf signifikan sebesar (0,000 < 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa didapatkan jenis kelamin terbanyak dalam penelitian ini adalah perempuan 23 responden (71,9%) dan Respons Time Perawat di ruang ICU dan IGD RSUD Bitung sebagian besar < 5 Menit.
Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan sarana prasarana dengan respon time perawat dalam penanganan pasien gawat darurat di RSUD Bitung dengan nilai p= 0,000 dan nilai p ini lebih kecil dari nilai a = 0,05, terdapat hubungan beban kerja dengan respon time perawat dalam penanganan pasien gawat darurat di RSUD Bitung dengan nilai p= 0,000 dan nilai p ini lebih kecil dari nilai a = 0,05.
References
Arikunto, (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Depdikbud, (2015). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Depdikbud
Harjaningrum, (2013). Peran Orang tua dan Praktisi dalam membantu Tumbuh. Kembang Anak Berbakat Melalui Pemahaman Teori dan Trend. Diakses di repository.upi.edu/3034/9/S_PLS_1003195_Bibliography.pdf
Harlock, (2011). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga Harjaningrum, (2013). Peranan Orang Tua dan Praktisi dalam Membantu Tumbuh Kembang Anak Berbakat Melalui Pemahaman Teori dan Tren Pendidikan. Jakarta: Prenada
Hendra Sofyan, (2014), Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya, (Jakarta: Infomedika).
Hidayat, (2012). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika
Hidayat, (2008). Metode Penelitian Keperawatan dan teknik Analisa Data ,. Jakarta: Penerbit Salemba medika.
Marketbuzz, (2013). Efektifitas Permainan Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Ra.B - Hidayatullah Ii Mojokerto. Diambil pada tanggal 23 April 2016 dari http://digilib.uinsby.ac.id/11056/3/bab1.pdf
Martini J, (2013). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesessmen dan Penanggulangannya. (Jakarta: Yayasan Penamas Murni).
Niwayanekayanti, (2014). Media Flash Card. Diakses dalam http://ekayantiniwyn.wordpress.com/2012/04/27/flash-card-belajarmudah-dan-menyenangkan/
Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Patmonodewo, (2013). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Papali, (2014). Human Development (Perkembangan Manusia). digilib.esaunggul.ac.id/.../UEU-Undergraduate-381
Putra, (2013). Metode Flash Card Diakses dalam http://putrapenanggungan.blogspot.com/2012/11/diskripsi-media-pembelajaran-bagian-4.html
Richard Gross, (2012). Psychology The Science of Mind and Behavior (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Rudi dan Cepi, (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Rudi dan Cepi, (2009). Media Pembelajaran. Bandung :CV Wacana. Prima.
Sugiyono, (2007). MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta
Suhartono, (2015). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. DepdikbudTohanan, (2014). PAUD Menyiapkan Masa Depan Anak. [online]. Tersedia: http://www.waspada.co.id/indeks. PAUD Menyiapkan Masa Depan Anak (23 April 2016)
Siti Aisyah, (2013). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Universitas Terbuka).
Soetjiningsih, (2013). Buku Ajar Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta:Sagung Seto.