Pengaruh Edukasi Terhadap Keterampilan Keluarga Dalam Penanganan Tersedak (Choking) Pada Anak di Lingkungan IV Kelurahan Bailang Kecamatan Bunaken Kota Manado
DOI:
https://doi.org/10.57214/jka.v5i1.205Keywords:
Edukasi, Keterampilan Keluarga, Penanganan Tersedak.Abstract
Latar Belakang : Tersedak (Choking) adalah tersumbatnya saluran jalan napas akibat benda diluar tubuh secara total atau parsial, sehingga menyebabkan korban sulit bernapas, dan menyebabkan kekurangan oksigen. Tujuan : Tujuan penelitian ini mengetahui “Pengaruh Edukasi Terhadap Keterampilan Keluarga Dalam Penanganan Tersedak (Choking) pada Anak di Lingkungan IV Kelurahan Bailang Kecamatan Bunaken”. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan One group Pretest –Posttest Design. Sampel responden dalam penelitian ini sebanyak 56 orang dengan tehnik pengambilan sampel Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Di analisa dengan uji statistik Mc.Nemar. Hasil Penelitian : Dari hasil Uji statistik Mc.Nemar menunjukan ada pengaruh yang bermakna antara edukasi terhadap keterampilan keluarga dalam penanganan tersedak (choking) pada anak di Lingkungan IV Kelurahan Bailang (p) = 0,000; α = 0,05. Kesimpulan : Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat Ada pengaruh edukasi terhadap keterampilan keluarga dalam penanganan tersedak (choking) pada anak di lingkungan IV kelurahan bailang kecamatan bunaken. Saran : Diharapkan dapat menjadi acuan untuk instansi kesehatan dan pendidikan dalam upaya pemberian edukasi kesehatan kepada masyarakat dalam upaya menangani masalah kesehatan yang mengancam nyawa pada masyarakat.
References
Adilla. (2014). Hubungan Penerimaan Diri, Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Anak-Anak Panti Asuhan dan Perbedaannya dari Anak-Anak yang Diasuh dalam Keluarga. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia.
Depkes, RI. (2009). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Dina Adila. (2013). Pengaruh Penyuluhan Teknik Pijat Bayi terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Pijat Bayi pada Ibu Di Puskesmas Tegal Rejo Yogyakarta: Skripsi tidak dipublikasikan. Stikes Aisyiyah Yogyakarta.
Marquez DX, Bustamante EE, Blissmer BJ, Prohaska TR. (2012). Health Promotion for Successful Aging. American Journal of 60 Lifestyle. Dikutip dari Jurnal Laksmi Dewi Cognitive Changes Associated With Normal Aging 2016 pada tanggal 27 Agustus 2019 PUKUL 09.15 WITA.
Ningsih. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya, Kabupaten Moroguru. Jurnal Kreatif Tadukolo Online. Universitas Tadukolo. Diakses pada Tanggal 3 agustus 2019 Pukul 21.35 WITA
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmojo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Putra dkk. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Ibu Tentang Pertolongan Pertama pada Anak Tersedak Di Posyandu Dusun Sadon Sawahan Ngemplak Boyolali. Skripsi. Semarang.
Rekam Medik RSUD dr. Harjono Ponorogo, (2012).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja.