HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DIMASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN BAILANG LINGKUNGAN VKOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.57214/jka.v6i1.7Keywords:
Pola asuh orang tua, Perkembangan Kognitif anak, Covid-19Abstract
Pola asuh orangtua adalah perlakuan orang tua dalam berinteraksi dengan anak - anaknya untuk memenuhi kebutuhan, memberikan perlindungan, mendidik, membimbing anak dalam kehidupan sehari – hari. Perkembangan kognitif merupakan perkembangan yang menunjukkan perubahan struktur atau proses mental yang terjadi sebagai hasil individu menerima informasi dan membangun pemahaman secara mental. Rendahnya tingkat perkembangan kognitif pada masa anak berpengaruh terhadap kesejahteraan pada masa dewasa Tujuan penelitian mengidentifikasi hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di masa pandemi Covid-19.
Metode penelitian menggunakan Deskriptif Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian adalah orang tua yang memiliki anak berumur 4-5 tahun sebanyak 31 responden menggunakan Teknik Total sampling. Instrumen penelitian yang dilakukan dalam Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dengan uji statistic Chi-square dengan tingkat kemaknaan (α)=0.05. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun dimasa pandemi Covid-19 didapatkan nilai p=0,014<0,05
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun dimasa pandemi Covid-19 Di Kelurahan Bailang Lingkungan V. Saran penelitian diharapkan dapat menambah wawasan kepada orang tua
References
Choirul Huda. (2015). Gambaran Perkembangan Kognitif Anak Prasekolah usia 4-6 Tahun di Dusun Tanggung Rejo Desa Karang Patihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo
Dewi, R. C., Okawati, A., (2017). Teori & konsep tumbuh kembang bayi, toddler, anak dan usia remaja. Yogyakarta: Nuha Medika
Djamarah, Syaiful Bahri . 2014 . Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Dwi A. L. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-5 Tahun di Tk Al-Qodiri Kabupaten Jember. Jurnal MID-Z (Midwifery Zigot) Jurnal Ilmiah Kebidanan Vol 1 No 2, November 201, Hal: 7-12. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Al- Qodiri Jember
Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita - Volume 3, Nomor 1. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar- Raniry.
Galih, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Dengan Problem Belajar. Solo: Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri.
Hidayat. (2012). Buku saku Kedaruratan di Bidang Bedah. Jakarta: Salemba
Medika
Hurlock, E. B. (2016). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga
Mansur. (2015). Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Moh, Arif. (2011). Dasar – Dasar Flebotomi. Lembaga Penerbitan Universitas Hasanudin (LEPHAS). Makassar
Nursalam. (2013). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Sari U, M, & Suci M, A. (2016). Hubungan Pola Asuh Dengan Pola Perkembangan Sekunder. Media Ilmu Kesehatan Vol. 5, No. 3, Desember 2016 : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Shantika, Dwi. (2017). Parenting. Yogyakarta: Psikologi Corner.
Syahrul S, & Nurhafizah N,. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus-19. Jurnal Basicedu Vol 5 No 2. Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021 Halaman 683 – 69. Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini : Universitas Negeri Padang.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Susanto. (2012). Perkembangan Anak Usia /Dini. Jakarta:Kencana