HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA DI KELURAHAN LAWANGIRUNG LINGKUNGAN II KOTA MANADO

Authors

  • Nur Dewi Sulastri Basarewan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Manado, Indonesia
  • Bayu Dwistyo Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Manado, Indonesia
  • Agust A. Laya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57214/jka.v6i1.8

Keywords:

Tingkat Kecemasan, Kualitas Tidur, Lansia

Abstract

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2018, bahwa Indonesia tengah menuju Ageing Population. Lansia banyak mengalami masalah kesehatan karena penurunan fungsi tubuh baik fisik, fisiologis, ataupun psikologis. Masalah psikologis pada lansia salah satunya ialah kecemasan. Kecemasan pada lansia dapat menurunkan kosentrasi dan kesiagaan, meningkatkan risiko kesehatan, serta merusak sistem imun, gejala kecemasan salah satunya adalah kesulitan tidur. Kesulitan tidur akan membuat lansia kekurangan tidur dan dapat berpengaruh terhadap fisik, kognitif, serta kualitas hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi “Hubungan Kualitas Tidur pada Lansia di Kelurahan Lawangirung Lingkungan II Kota Manado.”

Metode Penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan menggunakan rancangan survey cross sectional, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah 51 lansia, sampel yang digunakan sejumlah 45 orang dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data diambil menggunakan kuisioner. Selanjutnya data diolah menggunakan program komputer SPSS 16.0 untuk dianalisa dengan menggunakan uji Rank Sperman dengan tingkat siginifikan (α) 0,001. Hasil penelitianpenelitian menggunakan uji Rank Spearman didapatkan nilai P Value lebih kecil dari nilai alfa (0,00<0,001) hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dengan nilai korelasi 0,663 yang menandakan kedua variabel memiliki hubungan yang kuat.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara tingkat kecemasan dengan kualitas tidur pada lansia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan informasi serta dapat meningkatkan pengetahuan tentang hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas tidur pada lansia

 

 

References

Amir, N. (2007). Gangguan Tidur pada Lanjut Usia. Diagnosis dan Penatalaksanaan, dalam Cermin Dunia Kedokteran (hlm. 196-206). Jakarta. Grup PT. Kalbe Farma.

Badan Pusat Statistik. (2016). Survei Penduduk Antar Sensus (Supas) 2015. Jakarta: BPS

Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Penduduk Lansia 2017. Jakarta: BPS

Dariah, E. D., & Okatiranti, O. (2015). Hubungan Kecemasan dengan Kualitas Tidur Lansia di Posbindu Anyelir Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Keperawatan BSI, 3(2).

Fatmasari, D. (2018). Hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas tidur pada lansia di dusun celungan sumberagung moyudan sleman Yogyakarta. Ilmu Keperawatan Florencia, G. (2020). mengidap gangguan kecemasan, dampaknya pada tubuh.Diakses pada tanggal 16 juni 2021 jam 11:53 https://www.halodoc.com/artikel/mengidap-gangguan-kecemasan-inidampaknya-pada-tubuh

Kaplan, H.I., Sadock, B.J dan Grebb, J. A., (1998). Sinopsis Psikiatri, Ilmu Pengetahuan Prilaku Psikiatri Klinis, Edisi 7. Jilid II. Jakarta : Binarupa Aksara.

Khasanah. (2012). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Tidur. Kozier, Barbara, dkk. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik, Edisi 7, Volume 1. Jakarta : EGC.

Maryam R Siti, dkk. (2012). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta : Salemba Medika.

Rizkiana, J. (2018). Pengaruh Terapi Massage Punggung Terhadap Kualitas Tidur Lansia Di BPSTW Budi Luhur. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis.Edisi 3 jakarta : Salemban Medika.

Sari, I. R., Onibala, F., Sumaraw, L. (2017). "Hubungan kualitas tidur dengan fungsi kognitif pada lansia di BPLU Senja Cerah Provinsi Sulawesi Utara." Jurnal Keperawatan 5.1.

Stuart, G.W. (2012). Buku Saku Keperawatan Jiwa, Edsisi 5. Jakarta. EGC.

Vellyana, D., Lestari, A., & Rahmawati, A. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pada pasien preoperative di RS Mitra Husada Pringsewu. Jurnal Kesehatan, 8(1), 108-113.

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Nur Dewi Sulastri Basarewan, Bayu Dwistyo, & Agust A. Laya. (2022). HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA DI KELURAHAN LAWANGIRUNG LINGKUNGAN II KOTA MANADO. Jurnal Kesehatan Amanah, 6(1), 55–59. https://doi.org/10.57214/jka.v6i1.8

Most read articles by the same author(s)