PENYULUHAN TENTANG KESADARAN SISWA DALAM MEMANFAATKAN LIMBAH MENJADI KERAJINAN TANGAN DENGAN SISTEM REDUCE, REUCE, RECYCLE (3R)

Authors

  • Rikardo Dayanto Butar Butar STT REAL Batam
  • Ronald Sianipar STT REAL Batam
  • Yuniarti Yuniarti STT REAL Batam
  • Asmanto Asmanto STT REAL Batam
  • Amanda Simanjuntak STT REAL Batam
  • Kristina Elabi STT REAL Batam
  • Vanbe Toven Hulu STT REAL Batam
  • Rewisadi Gulo STT REAL Batam
  • Difri Enjelina Nainggolan STT REAL Batam
  • Rengsi Rumapea STT REAL Batam
  • Siti Aisah Tarigan STT REAL Batam
  • Lidia Sihombing STT REAL Batam

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.214

Keywords:

Kognitif, Kerajinan Tangan, Limbah, 3R.

Abstract

Masalah sampah memang tidak ada habisnya,bahkan permasalahan sampah ini di alami oleh seluruh dunia. Sampah dapat berdampak buruk, ketika jumlah timbunan sampah menjadi banyak,oleh karena itu pentingnya sebuah pola pikir bagaimana cara menanggulanginya agar sampah dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai guna yaitu dengan cara mengolah kembali sampah dengan sistem 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Adapun upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menyadarkan kembali konsep berpikir manusia (siswa) dalam menanggulangi sampah,sehingga ketika adanya kesadaran dalam diri maka sampah-sampah yang ada akan dapat lebih mudah untuk ditanggulangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesadaran berpikir siswa dalam menanggulangi sampah serta upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mengurangi limbah-limbah tersebut. Penelitian ini dilakukan di SD Clarissa Batu Aji dengan menggunakan Metode tatap muka mulai dari tahap persiapan hingga tahap pelaksanaan.  Hasil Penelitian ini yaitu setiap siswa mampu menerima wawasan baru dalam memanfaatkan limbah,hingga akhirnya siswa dapat berkata “:kalau saya makan es cream nanti stik es cream nya saya simpan agar dapat di daur ulang kembali dan ternyata mendaur ulang sampah itu seru”’dan hal tersebut merupakan salah satu wujud keberhasilan bagi para penulis dimana kesadaran berpikir siswa sudah mulai meningkat dan semakin mau berpikir kreatif dalam memanfaatkan sampah/limbah.

References

Axmalia, Astry, dan Surahma Asti Mulasari. “Dampak Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Terhadap Gangguan Kesehatan Masyarakat.” Jurnal Kesehatan Komunitas 6, no. 2 (2020): 171–176.

Darmayanti, Erma, Joko Pamungkas, dan Indrawati Indrawati. “Penerapan Metode Bernyanyi Berbasic Pengembangan Diri Anak Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 6 (2022): 5495–5505.

Esty SN Hatingrum, et al 2020. “Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk Bernilai Ekonomis Esty” 4, no. 2 (2020): 37–42.

Fatia, Dara, dan Yogi Suprayogi Sugandi. “Gerakan Tanpa Sedotan: Hindari Kerusakan Lingkungan.” Prodi Pascasarjana Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran yogi.suprayogi@unpad.ac.id 47, no. 4 (2021): 124–134.

Mishbahush Shudur. “Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang e-mail: www.misbahsudur@yahoo.com Abstract 4, no. Nomor 2 (2019): 19. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.

Purnami, Wahyuni. “Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Kesadaran Ekologi Siswa.” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 9, no. 2 (2021): 119.

Purwanti, Endah, Asep Maulana, Reni Rahmadewi, Vita Efelina, dan Sarah Dampang. “Pelatihan Pengolahan Limbah Dan Penanaman Hidroponik Untuk Meningkatkan Kesadaran Peduli Lingkungan Di Sman 6 Karawang.” SELAPARANG :Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6, no. 1 (2022): 43–48.

Ratnasari, Anisza, Imaniar Sofia Asharhani, Marchelia Gupita Sari, Stefanus Rifaldo Hale, dan Hegar Pratiwi. “Edukasi Pemilihan Sampah Sebagai Upaya Preventif Mengatasi Masalah Sampah Di Lingkungan Sekolah.” Prosiding PKM-CSR 2 (2019): 652–659.

Ristya, Trisnawati Oky. “Penyuluhan Pengelolaan Sampah Dengan Konsep 3R Dalam Mengurangi Limbah Rumah Tangga.” Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial 4, no. 2 (2020): 30–41.

Rusminie, Rusminie. “Penerapan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa.” Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling 7, no. 1 (2021): 29–36.

Warjoto, Renna Eliana, dan Tati Barus. “Peningkatan Kesadaran Lingkungan Bagi Pengurus Organisasi Siswa Intra-Sekolah: Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Limbah.” Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 4, no. 1 (2021): 39–47.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Rikardo Dayanto Butar Butar, Ronald Sianipar, Yuniarti Yuniarti, Asmanto Asmanto, Amanda Simanjuntak, Kristina Elabi, Vanbe Toven Hulu, Rewisadi Gulo, Difri Enjelina Nainggolan, Rengsi Rumapea, Siti Aisah Tarigan, & Lidia Sihombing. (2023). PENYULUHAN TENTANG KESADARAN SISWA DALAM MEMANFAATKAN LIMBAH MENJADI KERAJINAN TANGAN DENGAN SISTEM REDUCE, REUCE, RECYCLE (3R). Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(1), 13–20. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.214