PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGAJARAN DAN PENGUASAAN TEKNOLOGI GURU BERSERTA STAFF SD NEGERI 7 KESIMAN-DENPASAR

Authors

  • I Kadek Dwi Gandika Supartha Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • I Dewa Ayu Agung Tantri Pramawati Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)
  • Adi Panca Saputra Iskandar Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)
  • I Gede Andika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)
  • Kadek Ayu Ariningsih Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.171

Keywords:

Pengajaran, Penguasaan IT, Covid-19

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan guru di bidang IT memegang peranan yang sangat penting, kemampuan guru sangat dituntut untuk mampu memberikan pelajaran disaat pandemi Covid-19 di Indonesia. Menyadari tugas dan tanggung jawab guru sebagai pendidik dalam menentukan keberhasilan proses belajar siswa, agar dalam menyampaikan pelajaran lebih efektif dan efisien dalam kondisi pandemi Covid-19 maka dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, melakukan observasi untuk mengetahui kondisi penggunaan teknologi dalam pembelajaran daring pada mitra SDN 7 Kesiman Denpasar Timur. Selanjutnya pada akhir kegiatan pelatihan tim menyebarkan angket untuk mengukur dari 2 indikator yaitu pada indikator 1 penguasaan, penggunaan, dan Google Classroom sebagai media alternatif pembelajaran memperoleh hasil jawaban bisa sebesar 83% dan tidak bisa sebesar 17%. Dan indikator 2 video sebagai media alternatif pembelajaran memperoleh hasil jawaban bisa sebesar 87% dan tidak bisa sebesar 13%. Hasil tersebut menyatakan bahwa pelatihan yang dilakukan memperoleh respon yang baik dari para Guru di SD Negeri 7 Kesiman.

References

Afgani, M. 2009. “Pengembangan Media Website Pada Materi Program Linear Di Sekolah Menengah Atas. Tesis Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya.” Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 2: 1–13.

Manambing R, Domu I, & Mangelep, N. 2017. “Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar , JSME MIPA UNIMA,” 5, no. 2: 163–66.

Mangelep, N. O. 2018. “Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 3: 431–40. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.331.

Sandika, I Kadek Budi, Komang Kurniawan Widiartha, I Gede Iwan Sudipa, and Wayan Gede Suka Parwita. 2022. “Pengelolaan Bank Sampah Sebagai Upaya Edukasi Masyarakat Pada Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan: Waste Bank Management as a Community Education Effort in Kukuh Village, Kerambitan District.” JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA 1, no. 2: 47–53.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta. (8th ed.). Vol. 87. Bandung: Alfabeta.

Utami, Rini. 2019. “Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Classroom Pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika.” Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika ISSN 2613-9189 2: 498–502.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Supartha, I. K. D. G., Pramawati, I. D. A. A. T. ., Iskandar , A. P. S. ., Andika, I. G. ., & Ariningsih, K. A. . (2023). PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGAJARAN DAN PENGUASAAN TEKNOLOGI GURU BERSERTA STAFF SD NEGERI 7 KESIMAN-DENPASAR . Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(4), 54–67. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.171