Program Kampus Mengajar Angkatan 3 (KM3) Dalam Kegiatan Administrasi Sekolah Di SD Inpres Kelapa Tiga 1

Authors

  • Hasriani G Universitas Negeri Makassar
  • Rahmad Risan Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Haliq Universitas Negeri Makassar
  • Eka Patria Ningsih Universitas Bosowa, Makassar
  • Nafila Nafila Universitas Islam Makassar
  • Andini Indahyani Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Nurul Yushifa S Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ririn Mardiani Kartika Universitas Islam Makassar
  • Sulfadli Sulfadli Universitas Hasanuddin, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i3.143

Keywords:

Kegiatan Kampus mengajar, Administrasi Sekolah, Pembelajaran, Sekolah Dasar

Abstract

Kegiatan Kampus mengajar mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada sekolah dasar dan sekolah menengah. Dengan adanya program ini, Sekolah mendapatkan kekuatan baru untuk bangkit dalam upaya menata kembali proses pembelajaran setelah beberapa waktu terkena pandemi Covid 19. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa langkah mulai dari tahap pembekalan atau pelatihan, perancangan dan pelaksanaan program serta tahap akhir yaitu evaluasi program. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan perkembangan yang signifikan yang dialami oleh pihak sekolah khususnya dalam menata dan mengatur administrasi di sekolah baik yang berhubungan dengan sarana dan prasarana maupun yang berhubungan dengan proses pembelajaran yang berlangsung. Kegiatan administrasi sekolah ini membuat suasana belajar kembali hidup setelah terdampak Covid 19.

 

References

Kurniawan, Agung Rimba, Destrinelli Destrinelli, Suci Hayati, Rahmad Rahmad, Juwi Riskayanti, Intan Sefti Wasena, and Yanuar Triyadi. 2020. “Peranan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3 (2): 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562.

Nurhasanah, Anggun, and Heni Nopianti. 2021. “Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepadamasyarakat 3 (1): 166–73.

Rahmad Risan. 2022. “Identifying the Characteristics of the Student : An Evaluation for English Teachers Pedagogical Competence.” Journal of English Language Teaching 11 (2): 147–59. https://doi.org/10.24036/jelt.v11i2.116598.

Risan, Rahmad. 2022. “AKSESIBILITAS DIGITAL LEARNING SELAMA PANDEMI COVID 19 DI PERGURUAN TINGGI.” Joyful Learning Journal 7 (3): 29–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230.

Setioningrum, Marisa. 2022. “Laporan Program Kampus Mengajar Angkatan 3.” Https://Sikarsa.Um.Ac.Id/Uploads/Data_akhir/Akhir_bKSJA2007226200201729329_1658299566.Pdf. Malang. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Wahyuni, Sri, and Desi Nurhikmahyanti. 2016. “Strategi Kepala Perpustakaan Untuk Memperoleh Akreditasi Perpustakaan Sekolah Nasional Di Sekolah Dasar Negeri Papar II Kabupaten Kediri.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 4 (1): 1–11.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Hasriani G, Rahmad Risan, Abdul Haliq, Eka Patria Ningsih, Nafila, N., Andini Indahyani, Nurul Yushifa S, Ririn Mardiani Kartika, & Sulfadli, S. (2022). Program Kampus Mengajar Angkatan 3 (KM3) Dalam Kegiatan Administrasi Sekolah Di SD Inpres Kelapa Tiga 1 . Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(3), 100–108. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i3.143