Pemanfaatan Teknologi dalam meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Pada Peserta Didik Oleh Mahasiswa Kampus Mengajar

Authors

  • Gemilang Syauki Satriani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Khoirul Anwar Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.216

Keywords:

Kampus Mengajar, Penggunaan Teknologi, PowerPoint, MicrosoftWord

Abstract

Perkembangan teknologi dapat dijadikan solusi untuk berinovasi dalam bidang pembelajaran, akan tetapi peserta didik masih belum maksimal penggunaan teknologi dan keterbatasan waktu untuk pelajaran teknologi dan informasi tanpa melakukan praktik secara langsung kepada peserta didik hal ini tak terlepas dari masa New normal pasca pandemi Covid-19. Maka mahasiswa dalam program kampus mengajar mengadakan kegiatan bengkel belajar sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian pada peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran yang kreatif kepada peserta didik di SMPN 24 Depok. Dalam kegiatan tersebut dilakukan dengan praktik secara langsung kepada peserta didik dengan materi Pengetahuan komputer, PowerPoint dan Microsoft Word yang dimanah minat peserta didik yang mengikuti dominan adalah kelas 7 dan dukungan sekolah dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam pengenalan teknologi sejak masa SMP dalam pembelajaran yang dimanah peserta didik menjadi lebih kreatif dalam penggunaan teknologi untuk jenjang selanjutnya.

References

Dwi Santoso, Heri, dkk. (2022). Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol. 4, No. 2).

Nurul Hikmah, Sofia & Sugama Maskar ( 2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa Smp Kelas VII Dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) Vol. 1, No. 1, Juni 2020, 15-19.

Azmussya’ni , Lalu Abdul Aziz. (2022). Usaha Meningkatkan Nilai Asssesmen Kompetensi Minimum Melalui Pengayaan Materi Pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Abdinesia: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Volume 2 Nomor 2.

Saputra, V.H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 15-23.

Abdul Latip, Anna Permanasari. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi. EDUSAINS, 7 (2), 2015, 160-171.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I.

Sampurna Djaya, M. Setiawan, dkk. (2021). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021. 2021. Juli 2021. Jakarta: SubPokja Kampus Mengajar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Budi Iriawan,Sandi, Asep Saefudin, (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Winata, K. A. dkk. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Diakses dari ; http://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Gemilang Syauki Satriani, & Muhammad Khoirul Anwar. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Pada Peserta Didik Oleh Mahasiswa Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(1), 21–26. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.216