Penanganan Covid-19 dengan Penguatan Manajemen Madrasah dan Literasi Siswa di Ma Al Falah Tlanakan Pamekasan

Authors

  • Ali Nurhadi Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan
  • Saiful Hadi Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan
  • Zainuddin Syarif Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan
  • Hilmi Qosim Mubah Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan
  • Abdul Wahid Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan
  • Shinta Oktafiana Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan
  • Ikha Yuliati Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i3.121

Keywords:

penanganan covid-19, manajemen madrasah dan literasi siswa

Abstract

Pandemi covid-19 membawa kebiasaan baru pada dunia pendidikan baik proses pembelajaran maupun menajerial disekolah. Dari hasil wawancara, pada masa pandemi manajerial sekolah tidak dijalankan secara optimal terutama pada inovasi pembelajaran. Pada siswa, mengalami literasi yang rendah. Dari dua hal tersebut, maka diperlukan penguatan manajemen madrasah dan literasi yang disesuaikan dengan masa pandemic covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan terpisah antara guru dan siswa. Manajerial difokuskan pada guru, sementara literasi difokuskan kepada siswa. Kegiatan ini dilakukan selama 4 sesi yang dikemas menarik dalam dua hari. Materi untuk guru oleh praktisi pendidikan sementara materi untuk siswa dilakukan oleh trainer literasi dan kepemimpinan. Penguatan manajerial menggunakan tiga metode yakni metode ceramah variasi, metode problem solving dan metode tanya jawab. Pelatihan literasi menggunakan empat alur yan dimulai pra pelatihan, pre tes, penyajian materi, dan post test.  Ada beberapa kendala yang dapat diselesaikan secara baik dan membawa dampak positif. Pengabdian ini disambut baik oleh pihak sekolah dan seluruh peserta antusias melakukan serangkaian kegiatan.

References

Akbar, Zarina, and Oliver Tahoma. “Dukungan Sosial Dan Resiliensi Diri Pada Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi 7, no. 1 (2018). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPPP.071.07.

Anugrah, Muhamad. Penelitian Tindakan Kelas: (Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: LeutikaPrio, 2019.

Efendi, Nur. Islamic Educational Leadership; Praktik Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kalimedia, 2017.

Fitrianti. Sukses Profesi Guru Dengan Penelitian Tindakan Kelas. Edited by Deepublish. Yogyakarta, 2016.

Mukhlasin, Ahmad. “Kepemimpinan Pendidikan Di Era Revolusi Industri.” Tawadhu 3, no. 1 (2019).

Narti, Sri. Kumpulan Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Nurhadi, Ali. Profesi Keguruan : Menuju Pembentukan Guru Profesional. Edited by Khanis Selasih. Kuningan: Goresan Pena, 2016.

Sidiq, Umar, and Khoirussalim. Kepemimpinan Pendidikan. Edited by Juksubaidi. Ponorogo: Nata Karya, 2021.

Subakti, Hani, Siska Oktaviani, and Khotim Anggraini. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Basicedu 5, no. 4 (2021). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1209.

Supranata, Surya. Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru Buku 4. Jakarta: Kemendikbud, 2016.

Ulfatin, Nurul, and Teguh Triwayanto. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2018.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Ali Nurhadi, Saiful Hadi, Zainuddin Syarif, Hilmi Qosim Mubah, Abdul Wahid, Shinta Oktafiana, & Ikha Yuliati. (2022). Penanganan Covid-19 dengan Penguatan Manajemen Madrasah dan Literasi Siswa di Ma Al Falah Tlanakan Pamekasan . Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(3), 60–69. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i3.121