POLA ASUH PANTI ASUHAN AISYIYAH PUTRA DALAM MEMBINA MORAL ANAK ASUH

Authors

  • Kurnia Fauza Sepriana UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fadhilla Yusri UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.165

Keywords:

Pola Asuh, Moral, Anak Asuh

Abstract

Pengasuh merupakan orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus untuk mendidik, membimbing, membina, mengarahkan, menilai, dan mengevaluasi anak asuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh panti asuhan aisyiyah dalam membina moral anak asuh, untuk mengetahui hambatan yang di hadapi dalam pembinaan di panti asuhan aisyiyah dan cara mengatasi hambatan yang terjadi dalam membina moral anak asuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Responden berjumlah enam orang, diantaranya pimpinan panti asuhan aisyiyah, satu pengasuh, dan empat anak asuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara khusus pengasuh serta pimpinan telah berperan dalam proses memberikan pembinaannya melalui membimbing dan membina anak asuh dengan metode ceramah, nasehat serta reward dan sanksi. Hambatan yang di alami yaitu anak asuh tidak mengikuti peraturan, pengasuh kesulitan menghadapi anak asuh yang berbeda sifatnya dan lama dalam beradaptasi dengan lingkungan panti. Cara mengatasi hambatan yang terjadi yaitu bersikap tegas dan sabar dalam menghadapi anak asuh kemudian memberikan konseling dengan cara menanamkan nilai keagamaan kepada anak asuh.

 

 

 

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Journal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 7.

Anisa, S. (2005). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapung Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (2013) . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia Dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.

Gunarsa, S. (2002). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.

Garliah, Lili Dkk. (2005). Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Memotivasi Berprestasi. Jurnal Psikologi, Vol. 1, No. 1, Juni.

Padjrin. (2016). Pola Asuh Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal, Uin Raden Fatah Palembang vol. 5, Nomor 1 Juni.

Restu Dkk, Peranan Panti Asuhan Dalam Membina Moral Anak Asuh Di Panti Asuhan Roudhatul Jannah Selopuro- Blitar, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan FIS UM.

Restu Dkk, Peranan Panti Asuhan Dalam Membina Moral Anak Asuh Di Panti Asuhan Roudhatul Jannah Selopuro- Blitar, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan FIS UM.

Rochani Siti Dkk. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, Kedewasaan Dan Kedisiplinan Siswa Dengan Prestasi Belajarsosiologi Siswa Kelas XI SMA NEGERI 1 Sidoharjo Wonogiti, jurnal. Surakarta : Fkip Universitas Sebelas Maret.

Siti Merisa, Siti.(2017). Pola Asuh Keluarga Untuk Pengembangan Kecerdasan Emosional Remaja (Studi Di Gampong Lampaseh Kota Kabupaten Banda Aceh. Banda Aceh : Uin Ar-Ranirry.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Citapustaka Media.

Sulaeman Dadang. (1995). Psikologi Remaja Dimensi-Dimensi Perkembangan. Bandung : Mandar Maju.

Wulaningsih Ratna, Dkk. (2015). Hubungan antara Persepsi Pola Asuh Orangtua dan Kontrol Diri Remaja Terhadap Perilaku Merokok di Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Vl.04 No. 2, Agustus.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Kurnia Fauza Sepriana, & Fadhilla Yusri. (2023). POLA ASUH PANTI ASUHAN AISYIYAH PUTRA DALAM MEMBINA MORAL ANAK ASUH. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(4), 12–24. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.165