Pendampingan Guru Melalui Pembelajaran Pak Dalam Meningkatkan Karakter Kristiani Peserta Didik Di Sd Tunas Baru
DOI:
https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.217Keywords:
Karakter, Penanaman, pendampingan Guru dan Orang TuaAbstract
Pendidikan Karakter merupakan salah satu bagian untuk kehidupan yang sangat penting. Karakter ditanamkan pada usia muda, secara khusus untuk tingkatan anak sekolah dasar di SD Tunas Baru Batam, seperti masalah tanggung jawab, kejujuran, kepedulian dan religius. Oleh sebab itu penanaman karakter ini perlu diterapkan melalui pendampingan guru dalam PAK guna meningkatan karakter siswa/i. Pentingnya pelakasanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa/i prodi Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SD Tunas Baru Kota Batam adalah (1) untuk meningkatkan karakter peserta didik (2) meningkatkan nilai, sikap dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur (3) dan meningkatkan karakter Kristiani sejati sesuai ajaran Alkitab. Kegiatan ini dilakukan oleh tim PKM Bersama mahasiswa/I di SD Tunas Baru Kota Batam. Adapun metode dalam pelaksanaaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi atas tiga bagian yaitu: Metode Observasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam metode observasi Tim PKM mengunjungi tempat pelaksanaan kegiatan untuk survei lapangan terlebih dahulu, metode pelaksanaan pemaparan materi. Metode evaluasi di lakukan untuk menilai keberhasilan seluruh kegiatan yang di laksanakan. Hasil dari pengabdian ini memastikan bahwa mahasiswa/i SD Tunas Baru Kota Batam memiliki pengetahuan dan meningkatkan karakter.
References
Aisyah, Ali M. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya. Prenada Me., 2018.
Indrastoeti, JePenanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasarnny. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Proasding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (2016): 286. http://www.jurnal.fkip.uns.aac.id/index.php%0Ajurnal.fkip.uns.ac.id › index.php.
N, Omeri. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Nopan Omeri 9, no. manager pendidikan (2015): 464–468.
Rohman, Muhamad Asvin abdur. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Teori, Metodologi Dan Implementasi.” Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 11, no. 2 (2019): 125–146. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/96/89.
Sidabutar, Hasudungan, and Juanda Manullang. “Problem Dan Prospek Metode Penguatan Terhadap Pendidikan Karakter Keluarga Kristen.” Jurnal Teologi Amreta (ISSN: 2599-3100) 5, no. 1 (2021): 69–94.
Siswinarti, Putu Ratih. “Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa Beradab.” Universitas Pendidikan Ganesha, no. March (2017): 5.