Pendampingan Guru Melalui Pembelajaran Pak Dalam Meningkatkan Karakter Kristiani Peserta Didik Di Sd Tunas Baru

Authors

  • Fredik Melikias Boiliu STT REAL Batam
  • Rini Sumanti Sapalakkai STT REAL Batam
  • Go Heeng STT REAL Batam
  • Elisya Nita Anugrahni STT REAL Batam
  • Nia Lorena br Hutagalung STT REAL Batam
  • Matias Crishtuver STT REAL Batam
  • Sepril Oksar Saroro STT REAL Batam
  • Suset Pasaribu STT REAL Batam
  • Job Sinaga STT REAL Batam
  • Nella Resa Br Manjorang STT REAL Batam
  • Rini Gultom STT REAL Batam
  • Tirina Linda Sari STT REAL Batam
  • Viktor Deni Siregar STT REAL Batam

DOI:

https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.217

Keywords:

Karakter, Penanaman, pendampingan Guru dan Orang Tua

Abstract

Pendidikan Karakter merupakan salah satu bagian untuk kehidupan yang sangat penting. Karakter ditanamkan pada usia muda, secara khusus untuk tingkatan anak sekolah dasar di SD Tunas Baru Batam, seperti masalah tanggung jawab, kejujuran, kepedulian dan religius. Oleh sebab itu penanaman karakter ini perlu diterapkan melalui pendampingan guru dalam PAK guna meningkatan karakter siswa/i. Pentingnya pelakasanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa/i prodi Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SD Tunas Baru Kota Batam adalah (1) untuk meningkatkan karakter peserta didik (2) meningkatkan nilai, sikap dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur (3) dan meningkatkan karakter Kristiani sejati sesuai ajaran  Alkitab. Kegiatan ini dilakukan oleh tim PKM Bersama mahasiswa/I di SD Tunas Baru Kota Batam. Adapun metode dalam pelaksanaaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi atas tiga bagian yaitu: Metode Observasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam metode observasi Tim PKM mengunjungi tempat pelaksanaan kegiatan untuk survei lapangan terlebih dahulu, metode pelaksanaan pemaparan materi. Metode evaluasi di lakukan untuk menilai keberhasilan seluruh kegiatan yang di laksanakan. Hasil dari pengabdian ini memastikan bahwa mahasiswa/i SD Tunas Baru Kota Batam memiliki pengetahuan dan meningkatkan karakter.

References

Aisyah, Ali M. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya. Prenada Me., 2018.

Indrastoeti, JePenanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasarnny. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Proasding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (2016): 286. http://www.jurnal.fkip.uns.aac.id/index.php%0Ajurnal.fkip.uns.ac.id › index.php.

N, Omeri. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Nopan Omeri 9, no. manager pendidikan (2015): 464–468.

Rohman, Muhamad Asvin abdur. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Teori, Metodologi Dan Implementasi.” Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 11, no. 2 (2019): 125–146. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/96/89.

Sidabutar, Hasudungan, and Juanda Manullang. “Problem Dan Prospek Metode Penguatan Terhadap Pendidikan Karakter Keluarga Kristen.” Jurnal Teologi Amreta (ISSN: 2599-3100) 5, no. 1 (2021): 69–94.

Siswinarti, Putu Ratih. “Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa Beradab.” Universitas Pendidikan Ganesha, no. March (2017): 5.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Fredik Melikias Boiliu, Rini Sumanti Sapalakkai, Go Heeng, Elisya Nita Anugrahni, Nia Lorena br Hutagalung, Matias Crishtuver, Sepril Oksar Saroro, Suset Pasaribu, Job Sinaga, Nella Resa Br Manjorang, Rini Gultom, Tirina Linda Sari, & Viktor Deni Siregar. (2023). Pendampingan Guru Melalui Pembelajaran Pak Dalam Meningkatkan Karakter Kristiani Peserta Didik Di Sd Tunas Baru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(1), 27–34. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.217